News Kamis, 04 Mei 2023 | 18:05

SEA Games 2023, Tim U-22 Indonesia Hajar Myanmar 5-0

Lihat Foto SEA Games 2023, Tim U-22 Indonesia Hajar Myanmar 5-0 Marselino dan Arhan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Myanmar, Kamis, 4 Mei 2023. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Hasil positif diraih tim U-22 Indonesia dalam lanjutan pertandingan sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Bertanding di Stadion National Olimpiade, Phnom Penh, Kamis, 4 Mei 2023 sore, tim asuhan Indra Sjafri menang 5-0 atas Myanmar.

Hasil ini membuat Indonesia berada di puncak klasemen Grup A, yakni nilai 6 hasil dari dua kali pertandingan. Sebelumnya, Indonesia menang atas Filipina dengan skor 3-0.

Lima gol Indonesia disumbang Marselino Ferdinan menit ke-20`, Ramadhan Sananta dari titik penalti menit ke-31` dan menit ke-60`.

Kemudian gol dari Fajar Fathurahman menit ke-72` dan Titan Agung pada menit ke-82`.

Pemain Indonesia menguasai laga ini sejak awal babak pertama. Myanmar kesulitan menembus lini pertahanan yang dikawal Pratama Arhan dan kapten Rizki Ridho.

Gawang yang dijaga kiper Ernando cukup aman dan berhasil dikawal bagian belakang yang dikoordinir Ridho.

Upaya pemain Myanmar menembus selalu gagal memasuki area terlarang gawang Indonesia. 

Sebaliknya, pergerakan para pemain tengah dan sayap Indonesia mampu memberikan distribusi ke lini pertahanan Myanmar.

Gol pembuka dari kaki Marselino lahir dari sebuah tendangan keras di luar kotak penalti. 

Menerima bola liar hasil sundulan pemain belakang Myanmar, Marselino dengan tenang mengontrol bola dan melesakkannya ke sisi kanan gawang dan masuk.

BACA JUGA: Sepak Bola SEA Games 2023, Indonesia Tekuk Filipina 3-0

Gol kedua lahir dari tendangan penalti. Pemain belakang melakukan pelanggaran terhadap Marselino yang melakukan akselerasi di area pertahanan Myanmar.

Ramadhan Sananta mendapat tugas melakukan eksekusi dan dia berhasil menceploskan bola tanpa mampu diantisipasi kiper Myanmar.

Sananta menambah pundi golnya di babak kedua pada menit ke-60. Gol bagi Indonesia bertambah lagi dari hasil tendangan keras dari Fajar. 

Meski mendapat pengawalan dari pemain belakang Myanmar, dia melepaskan tembakan ke sisi kiri gawang dan masuk tanpa mampu diblok kiper Myanmar.

Gol berikutnya lahir dari kaki Titan juga dari sebuah tembakan keras dari luar area pertahanan Myanmar.

Lima gol tanpa balas menyudahi laga Indonesia vs Myanmar. Kemenangan ini membuka peluang tim U-22 Indonesia lolos ke babak semifinal.

Indonesia masih menyisakan dua laga lagi, yakni melawan tuan rumah Kamboja dan Timor Leste. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya