Daerah Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07

YKI Pusat Tunjuk Sumut Jadi Tuan Rumah Hari Kanker Sedunia

Lihat Foto YKI Pusat Tunjuk Sumut Jadi Tuan Rumah Hari Kanker Sedunia Ketua YKI Sumut, Nawal Lubis. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat menunjuk Provinsi Sumatra Utara (Sumut), sebagai tuan rumah peringatan Hari Kanker Sedunia tingkat nasional.

"Karena kinerja yang baik, YKI Sumut mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Kanker Sedunia tingkat nasional pada 4 Februari 2023," ujar Ketua YKI Sumut, Nawal Lubis, Selasa 12 Juli 2022.

Selama ini, kata dia, YKI aktif dalam kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif untuk penanggulangan kanker di Sumut.

Berbagai bentuk kegiatan pun dilakukan YKI Sumut, diantaranya sosialisasi dan edukasi mengenai kanker di masyarakat, penelitian tentang kanker di Sumut, dan deteksi dini di masyarakat.

Selain itu, juga bersinergi dengan seluruh pihak termasuk masyarakat, rutin mengunjungi pasien kanker, hingga meluncurkan ambulans.

YKI Sumut, bahkan menyediakan nomor telepon untuk pelayanan informasi mengenai kanker yang bisa dihubungi 24 jam.

"Kami juga akan meresmikan Rumah Singgah YKI. Rumah ini sangat penting, banyak sekali pasien dan keluarganya yang tidak sanggup di hotel, kami siapkan," kata Nawal yang merupakan istri dari Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Sekretaris YKI Sumut, Siti Zahara menambahkan, banyak penderita kanker yang berobat ke pengobatan alternatif, sehingga kondisi kankernya semakin parah.

"Untuk itu, kami meminta YKI kabupaten/kota untuk terus aktif mengedukasi, dan mensosialisasikan mengenai kanker kepada masyarakat," tutupnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya