News Senin, 14 Februari 2022 | 11:02

16.811 Jiwa Terdampak Banjir di Kalimantan Barat

Lihat Foto 16.811 Jiwa Terdampak Banjir di Kalimantan Barat Banjir merendam enam desa di Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. (Foto: Opsi/BPBD Ketapang)
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Banjir merendam enam desa di Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat pada Sabtu 12 Februari 2022.

Banjir tersebut dilaporkan terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah itu.

Banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) antara 15 hingga 120 sentimeter telah menyebabkan belasan ribu jiwa terdampak.

"Sebanyak 16.811 jiwa dari 4.679 KK warga Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya pada Minggu 13 Februari 2022

Adapun desa yang terdampak adalah Desa Balai Pinang, Desa Kualan Hilir, Desa Kualan Tengah, Desa Semandang Kiri, Desa Semandang Hulu, dan Desa Botuh Bosi.

Baca juga

Banjir Rob Landa Enam Lokasi di Pulau Pari Kepulauan Seribu, Jakarta

Dua Rumah Hanyut akibat Banjir di Kabupaten Soppeng Sulsel

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang mencatat kurang lebih 2.228 unit rumah terdampak. Di samping itu, sebanyak 1 unit fasilitas pendidikan dan 12 unit fasilitas umum terdampak banjir.

"Tidak ada laporan warga mengungsi akibat kejadian tersebut," tutur Abdul Muhari.

BPBD Kabupaten Ketapang telah berkoordinasi dengan perangkat desa, TNI/Polri, dan relawan setempat untuk melakukan kaji cepat dan pendataan kemungkinan wilayah terdampak lainnya.

Kondisi terkini di lapangan terpantau banjir mulai berangsur surut. 

BPBD setempat masih terus melakukan monitoring cuaca serta mengimbau masyarakat untuk waspada apabila ada potensi banjir susulan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca di wilayah Kalimantan Barat hingga Kamis 17 Februari 2022 berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang. Sebelumnya BMKG juga menyatakan puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Februari 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya