Pilihan Kamis, 25 Agustus 2022 | 15:08

Bisnis Tarantula, Wanita di Bandung Ini Raup Puluhan Juta Rupiah Perbulan

Lihat Foto Bisnis Tarantula, Wanita di Bandung Ini Raup Puluhan Juta Rupiah Perbulan Tarantula (Foto: Opsi/Humas Pemkot Bandung).
Editor: Yohanes Charles

Bandung - The Ming Cu, wanita berusia 34 tahun di Kota Bandung ini berhasil meraup cuan hingga puluhan juta rupiah dari bisnis jual beli tarantula (Laba-laba).

Menurut Ming Cu, bisnis tarantula ini bermula dari kesukaannya terhadap binatang tersebut. Awalnya, ia mengaku terkesima dengan bentuk hewan berkaki delapan tersebut.

"Usaha jual beli ini saya mulai sejak tahun 2010. Berawal dari kesukaan saya terhadap tarantula," kata Ming Cu.

Baca juga: Berantas Hoaks Melalui `Counter Narrative`

Dari situlah, Ming Cu memelihara dan berbisnis tarantula. Ia kemudian membeli tarantula kecil yang diimpor dari Filipina. 

Awalnya, ia membeli 20 ekor tarantula dengan jenis Caribena versicolor dengan modal kurang dari Rp 5 juta.

Tarantula itu lalu diberi makan dan dibesarkan. Hingga kini, lebih dari 3.000 ekor tarantula ada di rumahnya.

Setelah menjadi bisnis, Ming Cu mengirim tarantulanya ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, ia juga pernah mengirim tarantula ke luar negeri.

Harga tarantula yang dijual Ming Cu bervariatif. Seekor tarantula bisa dibanderol Rp 50 ribu hingga jutaan rupiah. Adapun beberapa jenis tarantula yang dijual di sini antara lain: Chromatopelma cyaneopubescens, Poecilotheria spp, Nhandu tripepii, Typhochlaena seladonia dan Caribena versicolor.

“Macam-macam. Antara Rp50 ribu sampai jutaan dan tergantung jenisnya. Pernah menjual paling mahal jenis seladonia ukuran anakan seharga Rp7,5 juta dari Amerika,” ungkap Ming Cu.

Baca juga: 10 Game Offline Android Cocok Mengusir Rasa Bosan

Dari bisnis jual beli tarantula tersebut, Ming Cu meraup omzet mulai dari Rp10-20 juta rupiah. Ia juga kini memiliki 3 orang karyawan yang bertugas tiap harinya.

Penjualan tarantula yang dijalankan Ming Cu dilakukan secara daring maupun luring. Ia membuat situs web spiderloverpetshop.com. Melalui situs web tersebut, ia menjual beragam jenis tarantula dan juga alat-alat pemeliharaannya.

Anda juga bisa mengecek kegiatan serta koleksi tarantula koleksi Ming Cu di Instagram @spider_lover_petshop. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya