Jakarta - Sebanyak 200 booth merchandise resmi musisi lokal siap meramaikan gelaran Merch-Making Market (MMM), sebuah expo merchandise musik yang diadakan selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 Maret 2025, di Brickhall Fatmawati, Jakarta Selatan.
Event Director MMM, Fikar Akbar mengatakan bahwa acara yang melibatkan lebih dari 200 musisi dan band ini hadir dengan tujuan memperkuat ekosistem merchandise musik di Indonesia melalui berbagai program inovatif.
Berbagai musisi dan band ternama seperti Achmad Albar, Efek Rumah Kaca, Isyana Sarasvati, Noah, Padi Reborn, dan Seringai dipastikan hadir, serta akan meluncurkan merchandise eksklusif mereka.
Selain itu, nama-nama besar seperti Danilla, Kelompok Penerbang Roket, Nidji, dan The Brandals juga akan merilis koleksi merchandise spesial yang menjadi daya tarik utama expo ini.
Fikar bilang, acara ini dirancang tidak hanya sebagai ajang jual beli merchandise tetapi juga sebagai wadah untuk membangun kolaborasi di antara berbagai pemangku kepentingan dalam industri musik.
"Kami ingin menciptakan sinergi yang berdampak besar pada ekosistem musik kita," ujar Fikar, dikutip Opsi pada Kamis, 20 Maret 2025.
Program eksklusif seperti live printing akan memberikan pengalaman unik bagi pengunjung. Band-band seperti Bedchamber, Godplant, dan The Monophones akan menunjukkan proses pembuatan merchandise secara langsung.
Selain itu, hadir pula program MMMuse, yaitu pameran seni visual, akan menampilkan karya ilustrasi dari 22 seniman, termasuk Abdul Defashah, Ardneks, dan Magicrites.
Poster resmi Merch-Making Market (MMM) 2025. (Foto: Istimewa)
Acara ini juga menawarkan sesi MMMeets, sebuah program talkshow yang membahas berbagai topik menarik seputar industri musik dan merchandise. Pembicara seperti Arian13 (Lawless), Surya Fikri (The Panturas), dan Romano Jaya (Musica Merch) akan berbagi wawasan mereka, menjadikan sesi ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelaku industri kreatif.
Topik yang dibahas meliputi pentingnya lisensi merchandise hingga fenomena bootleg dalam skena lokal.
Untuk melengkapi suasana, pengunjung juga akan dihibur dengan alunan musik dari sejumlah DJ dan selektor seperti Satria Ramadhan (SRM Selects) dan Eka Annash (The Brandals) yang akan tampil selama acara berlangsung.
Tiket MMM tersedia dalam beberapa kategori, mulai dari Regular 1-Day Pass seharga Rp30.000 hingga Special 3-Day Pass seharga Rp130.000, yang sudah termasuk voucher snack dan minuman. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi TipTip.
Baca juga: Rayakan Perjalanan 20 Tahun, Java Jazz Festival 2025 Bakal Hadirkan 11 Panggung
Baca juga: Saosin Gelar Tur Konser di Indonesia, Ajak Strangers hingga Saint Loco
Merch-Making Market tidak hanya menjadi ajang kreativitas, tetapi juga ruang untuk mempererat hubungan antara musisi, seniman, dan penggemar. Dengan ragam program dan merchandise eksklusif yang ditawarkan, MMM menjadi acara yang tak boleh dilewatkan bagi para pencinta musik dan seni di Indonesia. []