News Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:01

Dirut Pindad: Maung adalah Ide Inovatif Menhan Prabowo

Lihat Foto Dirut Pindad: Maung adalah Ide Inovatif Menhan Prabowo Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan-kiri) menaiki kendaraan operasional satuan (ranops) TNI 4x4 WD terbaru produksi PT Pindad. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan kendaraan operasional satuan (ranops) TNI 4x4 WD terbaru produksi PT Pindad pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Kemhan), Rabu, 18 Januari 2023.

Peresmian kendaraan taktis (rantis) yang kemudian dinamai `Maung` ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengatakan Maung yang ditampilkan dalam rapim merupakan kendaraan versi ketiga. Di mana versi ketiga ini, lanjutnya, memiliki sejumlah improvement dibanding dua versi sebelumnya. 

Ia mengatakan, kelebihan yang paling utama terletak pada badan mobil yang kini berbentuk Jeep sehingga membuatnya lebih tangguh bermanuver di berbagai medan ekstrem.

"Lebih canggih dari (Maung) versi sebelumnya, dari segi performance, secara power, secara stuktur body, dari segi penampilan juga lebih baik," kata Abraham seperti mengutip keterangannya, Sabtu, 21 Januari 2023.

Lebih lanjut, dia pun mengakui bahwa capaian PT Pindad tersebut tidak lepas dari peran Menhan Prabowo Subianto. Menurutnya, Maung versi terbaru yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 65 persen, merupakan bagian dari upaya yang terus didorong oleh Prabowo. 

"Kami memberikan satu penghargaan tertinggi untuk Pak Menhan, karena sudah mendorong dan memberi kesempatan pada kami," ujarnya. 

Selain itu, ia menyebut bahwa Maung sejak awal pembuatan merupakan inisiasi Prabowo Subianto. Hadirnya Maung dengan segala improvement yang ada hingga hari ini juga berangkat dari ide inovatif Menhan Prabowo.

"(Pembuatan Maung) adalah ide yang inovatif dari Pak Menhan. Sejak tahun awal menjadi Menhan, beliau bertanya soal tactical vehicle 4x4. Kemudian Pindad membuatnya, dan beliau beri nama Maung. Itu versi yang pertama sekali," ujarnya.

"Lalu pemikiran beliau berkembang lagi. Beliau memanggil (PT Pindad) untuk membuat Jeep yang (Maung versi terbaru) ini," katanya menambahkan.

Dengan melibatkan ahli dan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, Pindad pun mengaku selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Ia juga mengatakan target berikutnya yang akan diupayakan sesuai arahan Prabowo adalah membangun pabrik engine mandiri untuk meningkatkan TKDN produk-produk kendaraan dalam negeri. 

"Kalau (pabrik engine) sudah ada di Indonesia,  mulai dari body-nya sudah bisa dibuat di Indonesia, tubular frame dan enginenya juga (bisa dibuat di Indonesia), maka TKDN akan naik, mendekati 70 sampai dengan 80 persen," ucap Abraham.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya