Daerah Jum'at, 11 November 2022 | 14:11

Dugaan Sementara Penyebab Truk Tabrak Motor di Depan Terminal Kota Semarang

Lihat Foto Dugaan Sementara Penyebab Truk Tabrak Motor di Depan Terminal Kota Semarang Ilustrasi tabrakan. (Foto: Opsi/Tribratanews Sulbar)
Editor: Yohanes Charles

Semarang - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan tepatnya depan Terminal Banyumanik Kota Semarang. Sejumlah kendaraan roda dua ditabrak truk.

Dugaan sementara kecelakaan itu disebabkan karena truk berwarna merah bernopol AD 1527 OJ mengalami rem blong.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 07.15 WIB saat lalu lintas masih cukup sibuk, Jumat 11 November 2022.

Salah seorang korban bernama Gunung 45 tahun mengatakan, saat itu dia sedang berhenti karena traffic light yang menyala merah.

Hingga kemudian dari belakang dia mendengar suara benturan dan melihat truk tersebut melaju dengan kecepatan yang tidak terlalu kencang.

“Saya dengan kok suaranya tidak seperti motor jatuh, saya nengok karena mengira pasti ada kecelakaan besar. Ternyata truk sudah dalam posisi ‘der, der, der’ menabrak motor-motor di belakang saya,” ujar Gunung dilansir dari laman NTMC Polri.

Gunung dan beberapa pemotor lainnya langsung melompat dari motor untuk menyelamatkan diri. Ia melihat total ada sekitar delapan motor yang terkena truk tersebut.

“Karena dari truk hanya berjarak tiga motor, saya memutuskan melompat dan menjatuhkan diri ke trotoar,” ujarnya.

Ia menyebut ada sekitar delapan motor yang terlibat kecelakaan itu. Namun, sekitar lima lainnya tidak rusak parah dan bisa melanjutkan perjalanan. Motor Gunung termasuk rusak cukup parah dan dibawa petugas Satlantas Polrestabes Semarang.

“Ada yang langsung melanjutkan perjalanan. Tadi ada dua yang dibawa ke rumah sakit, lukanya di kaki. Yang luka tadi yang di tengah posisinya, dia tidak bisa menghindar. Motor yang dibawa tadi tiga, ” ujar Gunung.

Sementara itu truk yang menyeruduk beberapa motor tersebut bisa berhenti setelah di jarak sekitar 30 meter dari traffic light. Sopir truk, Koko, mengaku rem mulai blong saat berada tidak jauh dari lokasi tabrakan. Sementara jalan di lokasi kejadian menurun.

“Tidak jauh tadi remnya blong. Kecepatannya tadi juga rendah,” kata Koko.

“Ini mengangkut kantong plastik dari Klaten mau ke Semarang,” imbuh rekannya, Ngadino.

Petugas Satlantas Polrestabes Semarang langsung menuju lokasi untuk menangani peristiwa tersebut. Hingga pukul 09.28 WIB petugas masih meminta keterangan sopir truk.

“Korban dua, dibawa ke RS Hermina dan Banyumanik, mau saya cek lagi,” kata petugas Satlantas Polrestabes Semarang yang enggan disebut namanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya