Daerah Kamis, 09 Desember 2021 | 10:12

Gelar Lokakarya dengan Kemendag, Kader GMKI Kaltim Siap Tingkatkan Ekspor Nasional

Lihat Foto Gelar Lokakarya dengan Kemendag, Kader GMKI Kaltim Siap Tingkatkan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dan GMKI menggelar lokakarya bertajuk 'Workshop Jasa Digital Marketing untuk Ekspor,' di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Rabu, 8 Desember 2021.(Foto:Opsi/Istimewa)

Samarinda  - Dalam rangka mendukung peningkatan ekspor nasional di masa pandemi Covid-19, Kementerian Perdagangan RI menggelar lokakarya bertajuk `Workshop Jasa Digital Marketing untuk Ekspor` di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Rabu, 8 Desember 2021.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha bagaimana teknik pemasaran suatu produk. Acara ini dihadiri dari puluhan pelaku usaha kecil menengah (UKM) Samarinda dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Balikpapan dan Samarinda.

Lokakarya yang menghadirkan Jeff Kristianto dari Program Manager Business dan Export Development Organization, Owner Stranough Guitar Muhammad Satrianugraha, dan Owner Kunangkunangku Yvone Patty sebagai narasumber, ini dibuka secara langsung oleh Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan, Marolop Nainggolan.

Dalam sambutannya, Marolop mengatakan forum ini sangat bermanfaat dan perlu diberikan perhatian penuh sehingga materi-materi yang disampaikan oleh narasumber dapat dijalankan.

"Di samping sebagai mempersiapkan anak muda membantu UKM untuk ekspor, kiranya dapat menjadi salah satu upaya dalam pemulihan ekonomi nasional," kata Marolop dikutip dari keterangan yang disampaikan GMKI, Rabu, 8 Desember 2021.

Sementara, Jeff Kristianto mengaku jika saat ini masih banyak pelaku UKM mengalami kesulitan dalam membuat website, profile, dan konten iklan yang dapat menarik pasar nasional.

Maka dari itu, dia berharap setelah dilakukannya workshop ini para petani, UKM, dan generasi z bisa saling memberikan dukungan dan bahu membahu dalam mengembangkan produk yang ingin dikenalkan kepada publik.

"Kita ingin menyiapkan anak muda untuk membantu para UKM yang ada untuk ekspor, atau anak mudanya sendiri yang mau ekspor langsung, itu lebih baik lagi," kata Jeff.

"Setelah ini kita akan kupas lagi di beberapa kota lain, dan menjaring teman-teman yang mampu mengerjakan tugas dengan hasil yang berkualitas, untuk ikut ke periode kedua di tahun depan guna diberikan pemahaman yang dalam lagi," ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Koordinator Wilayah IV GMKI Velya Galyani mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perdagangan atas kepercayaan yang diberikan kepada GMKI Kalimantan Timur (Kaltim) dalam melaksanakan kegiatan Workshop Digital Marketing Ekspor ini.

Mengangkat tagline `Kader GMKI - siap Go Ekspor`, Velya menilai bahwa digital marketer ekspor merupakan salah satu opsi profesi alternatif bagi kader-kader GMKI Kaltim yang ingin terjun di bidang wirausaha.

Ia pun berharap melalui kesempatan wadah pelatihan ini, dapat memberikan kebermanfaatan bagi kader-kader GMKI dalam menumbuhkembangkan potensi wirausaha menuju SDM Kaltim yang unggul dan berkualitas.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya