Daerah Sabtu, 08 Juli 2023 | 16:07

Gubernur Edy Rahmayadi Lantunkan Lagu O Tano Batak di Acara PARNA Indonesia

Lihat Foto Gubernur Edy Rahmayadi Lantunkan Lagu O Tano Batak di Acara PARNA Indonesia Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyanyi lagu O Tano Batak di acara PARNA Indonesia di Samosir, Sabtu, 8 Juli 2023. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Samosir - Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi hadir dalam Pesta Syukuran PARNA Indonesia di Tandarabun, Kabupaten Samosir, Sabtu, 8 Juli 2023.

Edy didampingi Ketua Umum PARNA Indonesia Letjen (Purn) Cornel Simbolon dan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menyanyikan lagu "O Tano Batak", yang disebut Edy sebagai lagu kebangsaan orang Batak.

Menyanyikan lagu itu dilakukan setelah Gubernur Edy menyampaikan sambutan singkat dan menerima Ulos Batak.

Di awal menyanyikan lagu tersebut, Edy sedikit fals. Namun karena dipandu oleh Lasro Marbun yang hadir di panggung, dibantu lirik yang ditunjukkan dari gadget, Edy mulai fasih menyanyikannya.

Kapolda Panca yang juga menerima ulos, kemudian ikut bernyanyi, demikian juga Bupati Samosir Vandiko Gultom.

BACA JUGA: Vandiko Gultom: Samosir Titik Mula Peradaban Bangso Batak

Akhirnya seluruh pejabat yang hadir termasuk Ketua Umum PARNA Cornel Simbolon dan Ketua Panitia Syukuran Jumaga Nadeak pun ikut bernyanyi.

Suasana pun menjadi sedikit sakral dengan lantunan lagu karya dari komponis Siddik Sitompul tersebut, karena semua tamu dan undangan pun akhirnya secara serentak menyanyikan lagu tersebut.

Sejarah Lagu O Tano Batak

O Tano Batak adalah lagu Batak yang diciptakan oleh komponis Siddik Sitompul. Lagu ini populer di Tanah Batak dan dinyanyikan oleh orang Batak untuk mengingat kampung halaman. Oleh karena itu, lagu ini sering disebut sebagai lagu kebangsaan Batak, mengutip profilbaru.com.

Semula Siddik Sitompul mengikuti sayembara cipta lagu kebangsaan Indonesia. Sayembara ini juga diikuti oleh komponis Batak lain, seperti Nahum Situmorang. 

Dalam sayembara itu, Siddik menciptakan lagu Oh Indonesiaku. Sayembara itu kemudian dimenangkan oleh Wage Rudolf Supratman dengan lagu Indonesia Raya. 

Akhirnya, Siddik Sitompul mengubah lirik lagu Oh Indonesiaku dengan lirik patriotik Batak yang bercerita tentang rasa cinta akan Tanah Batak. Lagu baru itu kemudian diberi judul O Tano Batak.

Lirik lagu O Tano Batak adalah sebagai berikut:

O Tano Batak

O Tano Batak, haholonganku

Mansai masihol do ahu tu ho

Dang olo modom, dang nok matanghu

Sai namalungun do ahu sai naeng tu ho

O Tano Batak, sai naeng hutatap

Dapotononhu tano hatubuanhi

O Tano Batak, andigan sahat

Ahu on naeng mian di ho, sambulonki

Molo dung binsar, mataniari

Laho panapuhon hauma i

Godang do ngolu siganup ari

Na maringanan di ho, sambulonhi

O Tano Batak, sai naeng hutatap

Dapotononhu tano hatubuanhi

O Tano Batak, andigan sahat

Ahu on naeng mian di ho, sambulonhi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya