News Senin, 08 Mei 2023 | 17:05

Indonesia ke Semifinal, Indra Sjafri Berhitung untuk Juara atau Runner Up Grup

Lihat Foto Indonesia ke Semifinal, Indra Sjafri Berhitung untuk Juara atau Runner Up Grup Pratama Arhan dan pemain Timor Leste. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Klasemen Grup A cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023, Indonesia memastikan tiket semifinal setelah mengoleksi 9 poin dari tiga laga.

Pertandingan terakhir menang 3-0 atas Timor Leste di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Minggu, 7 Mei 2023. 

Dua laga sebelumnya, menang 3-0 atas Filipina, dan menang 5-0 atas Myanmar. Tim U-22 Indonesia sudah memasukkan 11 gol, tanpa kemasukan gol. 

Pelatih Indra Sjafri merasa bersyukur atas pencapaian ini. Dia ingin anak asuhnya menjaga rekor cleansheet saat menghadapi lawan-lawan lebih tangguh di babak semifinal, bahkan final.

"Pertama tentu kami mengucapkan syukur Alhamdulillah, kami bisa melalui tiga match dengan 3 kemenangan, dengan 11 gol tanpa kebobolan," katanya dilansir dari laman PSSI, Senin, 7 Mei 2023.

BACA JUGA: SEA Games 2023: Indonesia Urutan 2 Perolehan Medali Sementara, Tempel Ketat Kamboja

Khusus pemain defending, Indonesia belum kebobolan. Indra mengapresiasi seluruh pemain. Dia berharap dengan lawan lebih meningkat nanti di semifinal atau final, tetap cleansheet.

Menurut Indra, pentingnya strategi untuk mencapai target juara membawa medali emas yang terakhir kali direbut Indonesia pada tahun 1991.

Sejauh ini kata dia, tidak ada pemain yang cedera. Untuk laga berikutnya, Indonesia akan melawan Kamboja pada Rabu, 10 Mei 2023. 

Indra mengaku masih akan menunggu hasil Grup B. Setelah itu tim pelatih dan manajer berhitung mana yang terbaik, apakah juara grup atau runner-up grup.

"Ya, kami lihat strategi berturnamen juga harus ada," jelasnya.

Menurutnya, juara itu harus dicapai secara bertahap. Tim pelatih menyusun periodisasi dalam tiga tahapan.

"Yakni grup, kita lalu dengan sukses, selanjutnya tinggal semifinal dan final, secara bertahap periodisasinya harus pas. Kalau untuk pertandingan keempat rombak semua tim sudah pasti. Dan kami berharap ada istirahat selama satu minggu sebelum semifinal," tukasnya. []

Gambar

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya