News Jum'at, 25 November 2022 | 19:11

Kalah Lawan Iran, Peluang Wales Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022 Semakin Berat

Lihat Foto Kalah Lawan Iran, Peluang Wales Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022 Semakin Berat Pemain Iran merayakan kemenangan usai kandaskan Wales 2-0. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)
Editor: Rio Anthony

Qatar - Peluang Wales untuk melaju ke babak berikutnya di Piala Dunia 2022 Qatar semakin berat.

Hal itu disebabkan karena mereka dihajar Iran 2-0, di Stadion Ahmad bin Ali Jumat, 25 November 2022. Laga ini diwarnai kartu merah pertama di Piala Dunia 2022.

Sebenarnya Iran sempat mencetak gol di menit ke-16 lewat sontekan Ali Gholizadeh. Operan pendek Sardar Azmoun dikonversi dengan baik oleh Gholizadeh menjadi gol.

Namun gol itu dianulir wasit. VAR menunjukkan Gholizadeh lebih dahulu offside saat menerima bola dari Azmoun. Hingga akhir babak pertama skor masih 0-0.

Memasuki babak kedua Iran kembali memberikan ancaman untuk Wales. Pada menit ke-52 dan 53`, serangan Iran dua kali membentur tiang gawang Wales.

Iran terus menyerang. Kali ini giliran Ali Gholizadeh melepaskan tendangan melengkung kaki kiri dari luar kotak penalti.

Lagi-lagi tendangan Gholizadeh membentur tiang kanan pada menit ke-53.

Peluang gol Iran belum habis. Bola rebound tendangan Gholizadeh yang membentur tiang disambut Azmoun dengan sundulan, namun tepat mengarah ke pelukan Hennessey.

Iran tetap mengendalikan permainan. Kali ini giliran Ali Gholizadeh melepaskan tendangan melengkung kaki kiri dari luar kotak penalti.

Lagi-lagi tendangan Gholizadeh membentur tiang kanan pada menit ke-53.

Peluang gol Iran belum habis. Bola rebound tendangan Gholizadeh yang membentur tiang disambut Azmoun dengan sundulan, namun tepat mengarah ke pelukan Hennessey.

Iran mendominasi permainan dan serangan sejak pertengahan babak kedua, sementara Wales memilih memainkan serangan balik.

Pada menit ke-73 Saeid Ezatolahi melepaskan tendangan kaki kanan mendatar dari luar kotak penalti, kiper Hennessey bergerak dengan cepat menepisnya.

Hossein Hosseini membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-84 yang menghindarkan gawang Iran dari kebobolan.

Petaka bagi Wales di menit ke-87. Kiper Wales, Wayne Hennessey dikartu merah karena melanggar Mehdi Taremi di luar kotak penalti. Kartu merah Hennessey jadi yang pertama di Piala Dunia 2022.

Kekurangan satu pemain membuat pelatih Robert Page menggantikan Aaron Ramsey dengan kiper cadangan Danny Ward pada menit ke-88.Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Iran.

Setelah serangan bertubi-tubi berujung kegagalan, pemain pengganti Roozbeh Cheshmi mengambil inisiatif melepaskan tendangan jarak jauh pada menit ke-90+8.

Tendangan kaki kanan Cheshmi yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Wales tidak bisa diantisipasi Danny Ward.

Ramin Rezaeian menambah menutup kemenangan Iran atas Wales 2-0 lewat gol pada menit ke-90+11.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya