Pilihan Senin, 27 Juni 2022 | 21:06

Kerja Sambil Wisata? Ini 7 Destinasi Paling Oke di Indonesia

Lihat Foto Kerja Sambil Wisata? Ini 7 Destinasi Paling Oke di Indonesia Samosir Cottage Resort di Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir, Sumut. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta -  Kabarnya, Aparatur Sipil Negara atau ASN bakal boleh bekerja di mana saja selain di kantor pemerintahan.

Namanya sistem kerja Work From Anywhere (WFA). Asyik itu. Suasana kerja tentu akan mendukung produktivitas.

Nah, sistem beginian sebetulnya sudah lama diterapkan perusahaan swasta. 

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang nyaman untuk dijadikan tempat bekerja. Istilahnya liburan sambil kerja.

Ini dia 6 destinasi wisata yang nyaman untuk WFA di Indonesia:

1. Bali

Liburan sambil bekerja di Ubud, Bali.

Ubud identik dengan pemandangan hijau, dijamin dapat menyegarkan mata setelah seharian menghadap layar laptop. 

Supaya lebih nyaman dan fokus bekerja, kamu bisa menyewa villa di sekitar Ubud yang dikelilingi pepohonan, hamparan sawah hijau, embusan angin sepoi-sepoi yang menenangkan.

2. Yogyakarta

Kerja dan liburan di Yogyakarta, tidak hanya dilakukan di kafe kekinian. 

Yogyakarta memiliki berbagai destinasi wisata alam yang menenangkan, untuk wisata sekaligus meningkatkan fokus dan produktivitas kerja.

Salah satunya di Kaliurang. Namun, jika ingin bekerja dengan pemandangan laut jernih, Gunung Kidul memiliki banyak pantai pasir putih yang memukau.

3. Bandung

Selain bekerja di coworking space atau kafe yang ada di Jalan Braga, Bandung juga punya banyak destinasi wisata yang menawarkan pemandangan dan suasana pegunungan yang masih sangat asri.

Braga, Bandung, cocok buat WFA. (Foto: Kemenparekraf)

Satu daerah yang cocok untuk bekerja, liburan, sekaligus healing adalah Lembang. Selain memiliki suasana yang masih sangat asri, Lembang juga dikenal dengan udaranya yang sejuk dan menyegarkan sehingga bisa bekerja lebih nyaman.

4. Salatiga

Kota Terindah di Jawa Tengah. Salatiga kerap menjadi incaran wisatawan untuk berlibur. 

Identik dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah. Salatiga sebagai tempat yang nyaman untuk bekerja dengan tenang.

Salah satunya di Desa Wisata Kopeng. Di sini terdapat banyak kafe yang menyuguhkan pemandangan Gunung Merbabu, sehingga membuat beban pekerjaan terasa lebih ringan.

5. Malang

Kota sejuta pesona. Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk liburan sekaligus menyenangkan untuk bekerja. 

Apabila ingin kabur dari pusat kota, kamu kaburnya harus ke Kota Batu. Menawarkan keindahan yang dapat menunjang produktivitas kerja. Wilayahnya dikelilingi pegunungan dan bukit yang indah. 

Tidak perlu khawatir kalau banyak pekerjaan yang harus diselesaikan selama seharian. Kamu tetap bisa mengunjungi Batu Night Spectacular yang buka hingga tengah malam.

6. Labuan Bajo

Labuan Bajo turut menjadi destinasi wisata yang sangat cocok untuk WFA. 

Untuk fasilitas tidak perlu khawatir, salah satu destinasi super prioritas ini sudah dilengkapi dengan penginapan dan fasilitas yang mendukung kegiatan bekerja secara online. 

Setelah selesai bekerja, kamu langsung mengunjungi tempat wisata yang menawan. 

Salah satunya adalah Pantai Waecicu, yang menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang eksotis.

7. Tuktuk Siadong, Danau Toba

Tuktuk Siadong berada di Kabupaten Samosir. Lokasinya berada di tepian Danau Toba yang indah.

Menginap di salah hotel yang menghadap danau, membuatmu bisa bekerja sambil menikmati pemandangan danau terutama sore hingga malam hari.

Dijamin, ketika WFA di Tuktuk Siadong, produktivitas akan meningkat, karena selepas kerja akan bisa menyegarkan otak dan tubuh saat menyusuri kampung Tuktuk Siadong. [Kemenparekraf dan sejumlah sumber]



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya