News Kamis, 02 Februari 2023 | 12:02

KIB Deklarasikan Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Lihat Foto KIB Deklarasikan Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 Relawan KIB dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. (Foto: Istimewa)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Tiga kelompok relawan bersama-sama menyatakan dukungan mereka untuk mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden (capres) pada pilpres 2024.

Mereka membentuk Sekretariat Bersama Kuning Ijo Biru (Sekber KIB).

"Kami tiga simpul relawan Go Anies, Forum Ka`bah Membangun, Anies Amanat Indonesia di seluruh Indonesia dengan ini menyatakan membentuk Sekretariat bersama dengan nama Kuning, Ijo, Biru (Sekber KIB)," ujar Ketua Umum Kornas Go Anies Sirajuddin Abdul Wahab di Hotel Century Jakarta, Rabu 1 Februari 2023.

Sirajudin menegaskan bahwa Sekretariat Bersama Kuning Ijo Biru (Sekber KIB) yang dibentuk oleh relawan pendukung Anies tidak sama dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dicetuskan oleh Partai Golkar, PPP, dan PAN.

"Nah KIB ini memang kadang-kadang dikenali banyak orang sebagai Koalisi Indonesia Bersatu. Jadi namanya saja yang sama tapi spiritnya berbeda," ujarnya.

Ia menganalogikan Koalisi Indonesia Bersatu sebagai koalisi elite, sedangkan Sekber KIB hanya koalisi sederhana yang berarus rakyat.

"Nah kalau bahasa lucu-lucunya itu, kalau KIB yang satu itu kan kabel, koalisi elite, jadi kalo KIB kita itu kibar, yaitu kuning ijo biru arus rakyat. Itulah yang menjadi semangat kita untuk mengadakan KIB ini," katanya.

Sirajudin menyatakan bahwa Sekretariat Bersama Kuning Ijo Biru yang dibentuk oleh relawan pendukung Anies tidak terkait dengan partai politik.

Kelompok relawan tersebut dibentuk demi mewujudkan perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.

"Hari ini disambut Sekretariat Bersama KIB. Kami hadir di sini meskipun kami tidak membawa-bawa partai. Yang pasti Go Anies kita dirikan untuk perubahan Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sekber KIB Habil Marati mengungkap sejumlah relawan telah sepakat mendukung Anies untuk maju sebagai Capres di Pilpres 2024.

Ia menyatakan Sekber KIB siap untuk bersinergi dengan partai pengusung Anies.

"Menurut saya Anis lah yang bisa mengintegrasikan Pancasila dengan masyarakat. Partai pengusung Anies for presiden harus bersinergi dengan KIB karena kita bukan kaleng-kaleng dan kita punya basis masa yang kongkret," kata Habil. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya