Pilihan Rabu, 22 Juni 2022 | 15:06

Kopi Perteguhen Langkat, Menyeruputnya Bikin Hati Senang, dan Hilang Beban

Lihat Foto Kopi Perteguhen Langkat, Menyeruputnya Bikin Hati Senang, dan Hilang Beban Kopi Perteguhen Jore Coffee. (Foto: Facebook David Raja)
Editor: Tigor Munte

Medan - Sebuah kelompok tani dan kelompok perempuan di desa pinggiran batas kawasan Zona Ekowisata Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), mengembangkan produk pertanian kopi.

Tidak hanya menanam tanaman kopi yang sudah dilakukan secara turun temurun, kelompok tersebut juga mengolah biji kopi hingga dijual dan siap seruput. 

Nama merek kopinya unik, yakni Kopi Perteguhen Jore Coffee. Lokasinya berada di Dusun Perteguhen, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Kepala desa setempat menyebut, menyesap Kopi Perteguhen, menimbulkan rasa bahagia, dan rasa kesuksesan, melebihi segala rasa senang lainnya. 

Dalam menyajikan kopi yang akan diolah, dilakukan melalui berbagai proses yang baik dan terkendali.

Pengelola Kopi Perteguhen Jore Coffee. (Foto: Facebook David Raja)

Selepas panen, dilakukan proses penjemuran gabah. Kopi yang dijemur merupakan kopi pilihan yang proses sortasinya sudah dilakukan sejak pemetikan buah merah oleh petani. 

Kemudian nantinya setelah kadar air sudah 12 persen akan dilakukan kembali sortir ukuran dan juga kualitas biji.

Baca juga:

Ngopi? Ini 10 Kopi Literan Cocok Menemani Aktivitasmu

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kualitas kopi yang dihasilkan Kelompok Tani Perteguhen dan Kelompok Perempuan Ersada Arihta. 

"Selamat menikmati kebahagiaan dalam setiap Seduh Rasa Leuser," begitu Seriulina Sitepu Depari Brena dan Kelompok Perempuan Ersada Arihta dilansir dari akun Facebook David Raja, Rabu, 22 Juni 2022.

Disebut, kopi ini adalah kopi konservasi. Dengan membeli kopi ini artinya setiap pembeli telah berkontribusi menjaga kelestarian Taman Nasional Gunung Leuser. 

"Anda telah membantu kelompok tani meningkatkan ekonomi keluarga petani, tanpa harus masuk ke hutan," ujar Kepala Dusun Perteguhen Ismet Sembiring.

Anda tahu, barista dari kopi ini adalah dari kelompok perempuan Ersada Arihta sendiri. Dengan keahliannya, menyajikan Seduh Rasa Leuser, kopi yang mereka budidayakan turun temurun.

Jore Coffee filosofisnya memiliki makna lebih luas dari harapan sukses. Meminumnya membuat suasana hati senang, hati lapang, dan menghilangkan beban. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya