News Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:12

Lewati 'Badai' Belanda, Messi Bawa Argentina ke Semifinal

Lihat Foto Lewati 'Badai' Belanda, Messi Bawa Argentina ke Semifinal Lionel Messi. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Doha - Argentina melaju ke semifinal Piala Dunia Qatar 2022. Belanda lawannya di perempat final pada Sabtu, 10 Desember 2022 dini hari WIB, kalah dalam duel adu penalti.

Argentina menang 4-3, setelah sempat unggul 2-0 dan berhasil disamakan oleh Belanda menjadi 2-2 dalam waktu normal dan perpanjangan waktu. 

Wout Weghorst bisa jadi pembuka harapan bagi Belanda di waktu normal. Dia mencetak dua gol, salah satunya pada menit ke-10 waktu tambahan.

Nahuel Molina menit ke-35 dan penalti Lionel Messi menit ke-73 menjadi gol Argentina, yang memberi harapan pertandingan akan selesai dengan skor 2-0 dalam waktu normal.

Namun Wout Weghorst datang. Dia mencetak dua gol, menit ke-83 dan menyamakan kedudukan pada menit ke-100, untuk memaksa perpanjangan waktu.

Kiper Argentina, Emiliano Martinez menyelamatkan timnya saat didera keterkejutan karena kehilangan keunggulan dua gol untuk melanjutkan dan mengalahkan Belanda melalui adu penalti.

Sang kiper menepis tendangan Virgil van Dijk dan Steven Berghuis, dan Lautaro Martinez menjadi penentu, dengan meledakkan penalti kelima Argentina dan mengirim Albiceleste ke empat besar.

Asa Belanda

Dalam pertandingan ini, Argentina memegang kendali penuh setelah gol babak pertama dari Nahuel Molina dan penalti dari Lionel Messi, golnya yang ke-10 di Piala Dunia. 

Tetapi Belanda akhirnya hidup kembali dengan beberapa pergantian langsung dari pelatih Louis van Gaal, yang menarik Memphis Depay dan Steven Bergwijn dan memasukkan Weghorst dan Luuk de Jong.

Weghorst membuat pertandingan menjadi menarik dengan menyundul umpan silang dari pemain pengganti lainnya Steven Berghuis, yang kemudian memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan dari dalam kotak penalti. Namun, tembakannya melebar dari tiang dekat.

Argentina mengira mereka telah melewati badai, tetapi kemudian kebobolan berkat operan yang berasal dari tendangan bebas dalam posisi berbahaya dan Weghorst mencetak gol lagi untuk memaksa perpanjangan waktu. [fifa]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya