Daerah Kamis, 22 Juni 2023 | 10:06

Libatkan Stakeholder, Zudan Launching Penanganan Permasalahan Sulbar

Lihat Foto Libatkan Stakeholder, Zudan Launching Penanganan Permasalahan Sulbar Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh. (Foto: opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Tangani sejumlah masalah di Sulawesi Barat (Sulbar), Pj Gubernur, Zudan Arif Fakrulloh libatkan stakeholder.

Sejumlah permasalahan yang menjadi atensi Zudan, yakni angka kemiskinan, stunting, anak putus sekolah, pernikahan anak, serta inflasi.

"Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, guru dan stakeholder terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," kata Zudan, Rabu, 21 Juni 2023.

Menurutnya, IPM menjadi sangat penting dalam program pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten, menunjukkan tingkat kualitas baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan penghasilan.

"IPM dicerminkan dalam tiga hal, yakni orang yang badan sehat otak cerdas dan memiliki keuangan yang banyak. Output nya itu pada anak stunting, kemiskinan, berkurang," ujarnya.

Zudan menjelaskan, IPM Sulbar saat ini berada di nomor 31, hanya unggul dari dua provinsi seperti NTT dan Papua.

"Kita membutuhkan kerja yang sangat keras untuk meningkatkan IPM," pungkas Zudan.

Dia pun berharap, program yang ada didorong untuk pengembangan manusia agar IPM meningkat. Salah satunya dengan mendorong program beasiswa.

"Kita mau melibatkan semua bergerak bersama, langkah fokus untuk melakukan revolusi APBD. Kepala Desa juga ikut membantu dengan mengalokasikan dana desanya sehingga masalah dihadapi bisa selesai," tutupnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya