News Minggu, 02 Oktober 2022 | 18:10

Liga Spanyol akan Mengheningkan Cibta untuk Memberi Penghormatan kepada Korban Tragedi Kanjuruhan

Lihat Foto Liga Spanyol akan Mengheningkan Cibta untuk Memberi Penghormatan kepada Korban Tragedi Kanjuruhan Gas air mata ditembakkan untuk menghalau suporter di Stadion Kanjuruhan Malang. (Foto: Opsi/Int)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Kota Malang, Jawa Timur menjadi duka persepakbolaan seluruh dunia. Liga Spanyol akan mengheningkan cibta selama satu menit untuk memberi penghormatan kepada korban kerusuhan Kanjuruhan.

Diketahui tragedi memilukan itu terjadi saat derby Jawa Timur, antara tuan rumah Arema C melawan tamunya Persebaya Surabaya dalam lanjutan pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Dalam derby tersebut tuan rumah Arema kalah 2-3 hingga membuat suporternya marah dan turun ke lapangan setelah laga usai membuat kerusuhan tak terkendali.

Suporter dan pihak kepolisian pun bentrok di lapangan, sampai-sampai pihak keamanan melepas gas air mata. Namun nahas gas air mata malah ditembak ke arah arah tribun.

Para penonton yang panik berdesak-desakkan untuk keluar dari stadion. Di situlah diketahui banyak korban jiwa meninggal dunia akibat sesak napas.

Dilaporkan 184 Korban meninggal dunia per pukul 15.00 WIB Minggu 2 Oktober 2022 sore. Sedangkan, ratusan korban masih terluka dan mendapat perawatan di rumah sakit-rumah sakit hingga Puskesmas di Malang.

Dilansir dari situs resmi Laliga, otoritas Liga Spanyol akan lakukan mengheningkan cipta untuk memberi doa kepada korban-korban Tragedi Kanjuruhan.

Selama satu menit, para pemain Liga Spanyol akan menunduk sejenak sebelum kick off dimulai.

"Laliga dan RFEF telah menyepakati untuk mengheningkan cipta selama satu menit untuk menunjukkan belasungkawa kepada masyarakat Indonesia, terutama kerabat mereka yang meninggal dalam tragedi Stadion Kanjuruhan, di pulau Jawa, serta mendoakan agar mereka yang terluka cepat sembuh" tulis keterangan Laliga.

"Mengheningkan cipta akan dilakukan di semua pertandingan yang masih akan dimainkan pada matchday 7 LaLiga dan matchday 8 LaLiga," tambahnya.

Selain itu beberapa klub di dunia juga memberi ucapan belasungkawa atas tragedi memilukan dalam dunia sepak bola itu.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya