Daerah Minggu, 25 September 2022 | 11:09

Pemkab Abdya Gotong Royong Membersihkan Pantai Ujong Serangga Susoh

Lihat Foto Pemkab Abdya Gotong Royong Membersihkan Pantai Ujong Serangga Susoh Pemkab gotong royong bersihkan Pantai Ujong Serangga Susoh. (Foto: Opsi/Int)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama dengan TNI-Polri dan beberapa komunitas peduli lingkungan membersihkan kawasan Pantai Ujong Serangga, Kecamatan Susoh.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara puncak dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022.

Di Abdya kegiatan ini terpusat di kawasan Pantai Ujong Serangga yang sebelumnya kotor dengan sampah yang berserakan dimana-mana.

Sekretaris Daerah (Sekda), Salman Al-Farisi mengatakan, kegiatan bersih pantai di kawasan pantai Ujong Seuranga, Susoh dengan objek sasaran seluas lebih kurang 6.286 hektare diikuti ribuan orang baik itu unsur ASN, non-ASN dan intansi vertikal lainnya.

Salman mengatakan, berdasarkan hasil analisis data pemantauan Dinas Perkim LH Abdya, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari semua lokasi pada tahun 2022 berasal dari jenis plastik sebesar 44 persen dan kedua terbanyak jenis kaca dan keramik sebesar 15 persen.

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan bagian upaya menumbuhkan kesadaran semua pihak, agar terus membersihkan pantai supaya bebas dari polusi plastik dan polusi lainnya.

katanya, Pemkab juga akan mengupayakan penanganan sampah seperti ini, tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja, tapi akan dilakukan berkelanjutan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional.

"Sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar 80 persen berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai di pantai juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya