News Senin, 14 Maret 2022 | 12:03

Percepatan Vaksinasi Menjelang Ajang MotoGP Mandalika

Lihat Foto Percepatan Vaksinasi Menjelang Ajang MotoGP Mandalika Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada masyarakat peserta Vaksinasi Mobile di Kantor Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 13 Maret 2022. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Lombok - Satuan Tugas Penanganan Covid 19 dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan percepatan vaksinasi di Lombok, Nusat Tengara Barat, menjelang perhelatan MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022.

Vaksinasi secara masif digelar sejak Sabtu, 12 Maret hingga Kamis, 17 Maret 2022 mendatang. Sebagai antisipasi potensi ancaman Covid-19 dari kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Suharyanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melindungi masyarakat khususnya di Pulau Lombok dari ancaman Covid-19.

Program ini terdiri dari pos vaksin statis (pos tetap) dan pos vaksin bergerak (mobile), sehingga masyarakat yang jauh dari pos stagis tidak perlu mendatangi lokasi vaksinasi.
Tim vaksinator yang akan ‘jemput bola’ dan menjangkau masyarakat di beberapa desa yang telah ditentukan.

Sebanyak 50 vaksinator yang terbagi dalam 10 tim berangkat dari posko utama di Rumah Sakit Mandalika, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Baca juga: Kapolri Cek Kesiapan Pramusim MotoGP Mandalika: Sistem Bubble Prokes Berjalan Baik

Tim juga didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas dari masing-masing desa guna membantu pengamanan sekaligus mengumpulkan masyarakat sebagai peserta vaksinasi.

Vaksin yang diberikan itu adalah vaksin dosis pertama, kedua maupun vaksin lanjutan atau booster dengan target 80 peserta dari masing-masing desa.

Jenis vaksin yang diberikan adalah Prizer, Moderna dan Astrazeneca. Masyarakat yang telah divaksin juga akan tercacat di Aplikasi PeduliLindungi dan memperoleh sertifikat digital.

Masyarakat Antusias

Program vaksinasi mobile yang telah dilaksanakan selama dua hari itu mendapat respons positif dari masyarakat penerima vaksin.

Warga merasa terbantu dan dimudahkan dalam memperoleh pelayanan kesehatan dari kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah tersebut.

Taufik Assegaf, salah satu peserta vaksinasi wisatawan yang berkunjung di Kawasan Pantai Kuta Mandalika mengaku sangat antisias karena dimudahkan dalam mendapatkan vaksin lanjutan.

Baca juga: Marsekal Hadi: Seluruh Aspek Persiapan MotoGP Mandalika Sepenuhnya Siap

Menurut dia, kegiatan seperti itu sangat menguntungkan masyarakat karena tidak perlu repot antri atau harus menjangkau tempat-tempat vaksinasi.

“Program ini sangat bagus. Kita jadi tidak perlu jauh-jauh pergi ke lokasi vaksin. Tidak perlu antre juga. Masyarakat sangat dimudahkan dan diuntungkan,” ujar Taufik usia mendapat vaksinasi lanjutan Moderna, Minggu, 13 Maret 2022.

Nurmiyati, salah seorang penyedia jasa wisata di Kawasan Pantai Kuta Mandalika, menyebut program vaksinasi itu sangat membantu masyarakat, khususnya bagi yang berprofesi seperti dirinya.

Kawasan Pantai Kuta Mandalika, sebagai salah satu destinasi superprioritas menjadi magnet baru di Pulau Lombok yang tentu saja akan menyedot banyak wisatawan, maka dengan vaksinasi itu, Nurmiyati tak lagi khawatir dari ancaman Covid-19 selama menjalankan rutinitasnya.

“Terima kasih. Melalui program vaksinasi ini saya jadi tidak perlu khawatir dan bisa berjualan di sini. Semoga dengan vaksin saya selalu sehat,” ungkap Nurmiyati.

Masker Gratis

Selain program vaksinasi, BNPB bersama Satgas Penanganan Cobvid-19 dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat juga akan menyelenggarakan kegiatan pembagian masker keliling, yang akan dilaksanakan pada Selasa, 15 Maret 2022.

Program pembagian masker menjadi bagian dari upaya pemerintah pusat dalam mewujudkan wisata aman Covid-19 sekaligus persiapan dalam menyongsong ajang MotoGP 2022.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya