Pilihan Kamis, 17 Februari 2022 | 19:02

Profil Hasyim Asy’ari, Anggota KPU Terpilih yang Pernah Jadi Dosen Ilmu Kepolisian

Lihat Foto Profil Hasyim Asy’ari, Anggota KPU Terpilih yang Pernah Jadi Dosen Ilmu Kepolisian Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022-2027 Hasyim Asyari. foto: Antara/Yudhi Mahatma

Jakarta - Komisi II DPR RI telah menetapkan tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masa jabatan 2022-2027. Salah satu yang terpilih adalah Hasyim Asy’ari.

Dari tujuh anggota KPU terpilih, Hasyim menjadi satu-satunya petahana.

Berdasarkan keterangan riwayat hidupnya yang diunggah di laman resmi KPU, Hasyim lahir pada 3 Maret 1973 di Pati, Jawa Tengah.

Sebelumnya, dia sempat menjabat sebagai anggota KPU melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW) sejak 29 Agustus 2016 untuk kepengurusan periode 2012-2017. Selanjutnya, ia kembali terpilih sebagai anggota KPU periode 2017-2022.

Hasyim Asy’ari menempuh pendidikan sarjana pada program studi Hukum Tata Negara di Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto, Jawa Tengah. Ia dinyatakan lulus pada 1995.

Lalu, ia melanjutkan pendidikan magister dan dinyatakan lulus dari program studi Ilmu Politik Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1998.

Hasyim pun meraih gelar doktornya pada 2012 pada Program Studi Sosiologi Politik University of Malaya.

Dari segala jenjang pendidikan yang telah dilaluinya, Hasyim sempat melakoni sejumlah pekerjaan, mulai dari Dosen Program Doktor Ilmu Kepolisian, Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Lembaga Pendidikan dan Latihan Kepolisian Indonesia, Jakarta, sejak 2016.

Lalu, dia juga merupakan dosen Program Studi Doktor Ilmu Sosial, Konsentrasi Kajian Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dosen Program Studi Doktor Ilmu Hukum, Dosen Program Studi Magister Ilmu Hukum, dan dosen Hukum Tata Negara Universitas Diponegoro di Semarang sejak 2013 hingga sekarang.

Kini, setelah ditetapkan oleh DPR sebagai anggota KPU terpilih periode 2022-2027, Hasyim Asy’ari tinggal menunggu dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya