Pilihan Senin, 07 Maret 2022 | 13:03

Profil Mahendra Siregar, Calon Ketua Dewan Komisioner OJK 2022-2027

Lihat Foto Profil Mahendra Siregar, Calon Ketua Dewan Komisioner OJK 2022-2027 Mahendra Siregar. (Foto: Kemenlu)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Mahendra Siregar menjadi salah satu dari tiga calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2022-2027 setelah diumumkan Ketua Pansel yang juga Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Senin, 7 Maret 2022 di Istana Bogor.

Menteri Sri Mulyani mengumumkan 21 nama calon anggota Dewan Komisioner OJK sudah diserahkan ke Presiden Jokowi. Nantinya presiden memilih 14 nama untuk seterusnya disampaikan ke DPR RI untuk dilakukan proses pemilihan.

Dari 21 nama itu, tiga calon ketua yang disampaikan, yakni Mahendra Siregar, Darwin Cyril Noerhadi dan Iskandar Simorangkir.

Mahendra bukanlah nama asing. Saat ini dia merupakan Wakil Menteri Luar Negeri yang diangkat Presiden Jokowi pada 25 Oktober 2019. 

Baca juga: Ini 21 Calon Anggota Dewan Komisioner OJK 2022-2027

Dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri, sebelum menjabat wamen Mahendra pernah menjadi Duta Besar Amerika Serikat yang ke-19.

Mahendra juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Sawit / Council for Palm Oil Producing Countries (CPOPC). 

Dia juga tidak asing di kalangan pelaku ekonomi dan keuangan nasional. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Wakil Menteri Keuangan, Wakil Menteri Perdagangan, Ketua dan CEO Indonesia Eximbank dan Wakil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Mahendra merupakan mantan anggota dewan komisaris pada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, pertambangan, manufaktur, teknologi, barang konsumen dan infrastruktur.

Mahendra meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia di tahun 1986, dan menerima gelar Master Ekonomi dari Monash University, Australia di tahun 1991.%u200B []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya