Daerah Senin, 07 Oktober 2024 | 10:10

Puskesmas Keliling Pematangsiantar Dapat 15 Kendaraan Baru untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Lihat Foto Puskesmas Keliling Pematangsiantar Dapat 15 Kendaraan Baru untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Kendaraan dinas operasional untuk Puskesmas Keliling (Pusling) Siantar.(Foto:Istimewa)

Siantar - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan MM menyerahkan 15 unit kendaraan dinas operasional untuk Puskesmas Keliling (Pusling) pada Senin (07/10/2024).

Penyerahan ini terdiri dari 8 unit kendaraan roda empat dan 7 unit kendaraan roda dua, yang dilakukan setelah apel pagi di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, Jalan Sutomo.

Dalam amanatnya, Matheos berpesan agar kendaraan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Semoga dengan adanya kendaraan Puskesmas Keliling ini, kita dapat semakin menjalankan tugas pokok dan fungsi dengan baik,” ungkapnya.

Setelah apel, Matheos didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar drg Irma Suryani MKM menyerahkan kunci kendaraan kepada masing-masing Kepala Puskesmas atau perwakilannya.

Puskesmas yang menerima kendaraan roda empat antara lain Puskesmas Martoba, Puskesmas Kahean, Puskesmas Parsoburan, Puskesmas Marimbang, Puskesmas BP Nauli, Puskesmas Bah Kapul, Puskesmas Karo, dan Puskesmas Aek Nauli.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua, penerimanya termasuk Puskesmas BP Nauli, Puskesmas Bah Biak, Puskesmas Kartini, Puskesmas Raya, Puskesmas Bane, Puskesmas Rami, dan Puskesmas Gurilla.

Dalam acara tersebut, dilakukan penyalaan seluruh kendaraan dinas operasional yang baru diserahkan secara serentak, disaksikan oleh Matheos Tan dan Kepala Dinas Kesehatan Irma Suryani. Matheos menjelaskan bahwa Puskesmas Keliling (Pusling) merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang bersifat bergerak untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas upaya Dinas Kesehatan dalam memenuhi dan melengkapi sarana Puskesmas Keliling melalui anggaran Dana Alokasi Khusus-Fisik Tahun Anggaran 2024,” terang Matheos.

Matheos berharap Puskesmas Keliling dapat menjadi berkah bagi masyarakat dalam mewujudkan pemerataan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkeadilan.

Ia juga meminta kepada seluruh Puskesmas untuk memanfaatkan Puskesmas Keliling sebagai sarana pelayanan yang mendekatkan fasilitas kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu, setiap Puskesmas diminta melengkapi operasional Puskesmas Keliling dengan peralatan pelayanan kesehatan, obat-obatan, dan perlengkapan keselamatan bagi tim.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh dan berkelanjutan di Kota Pematangsiantar,” pungkasnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya