Daerah Kamis, 18 November 2021 | 18:11

Ratusan Polisi Siaga Kawal Pilkades di Tapanuli Utara yang Rawan Polemik

Lihat Foto Ratusan Polisi Siaga Kawal Pilkades di Tapanuli Utara yang Rawan Polemik AKBP Ronald FC Sipayung, Kapolres Tapanuli Utara. (Foto: Opsi/Istimewa)

Tarutung - Sebanyak 344 personel disebar mengawal proses pencoblosan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang ditempatkan di 400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Selasa, 23 November 2021 mendatang.

"Kita sudah mempersiapkan 344 personel untuk pengamanan Pilkades. Personel ini merupakan anggota kita sendiri ditambah BKO dari Brimob Polda 30 Personel dan Personel Polda 30," kata Kapolres Tapanuli Utara (Taput), AKBP Ronald FC Sipayung saat dihubungi Kamis, 18 November 2021.

Ronald mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi 3 tipe peta suhu perpolitikan dalam Pilkades daerah itu. Ada kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

"Dari tiga pola ini status kurang rawan ada 126 desa, rawan 59 desa dan sangat rawan 15 desa.  Desa yang kurang rawan kita tempatkan 1 personel per desa,  untuk yang rawan 1 personel per TPS dan sangat rawan ada 2 personel di satu TPS," kata Sipayung.

Dijelaskan dia, personel itu dtempatkan demi terciptanya kondusifitas pesta rakyat tingkat pedesaan dengan harapan dukungan seluruh stake holder di wilayah hukumnya.

"Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Taput khususnya yang melaksanakan Pilkades, mari kita menjaga kenyamanan berlangsungnya Pilkades ini dengan tertib dan lancar. Selain itu tetap kira patuhi protokol kesehatan," katanya.

Disinggung data nama-nama desa berpotensi cukup rawan dan sangat rawan, Ronald menyebut hanya merupakan bahan polisi dalam rangka antisipatif.

"Itu berdasarkan analisa dan data-data yang kita kumpulkan. Sebagai bahan bagi Polri untuk lebih mempersiapkan pengamanan lebih baik, dalam rangka antisipatif," jawab Ronald Sipayung. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya