Pilihan Rabu, 22 Juni 2022 | 18:06

Rayakan HUT ke-495, Momen Keliling dan Berburu Kuliner Jakarta

Lihat Foto Rayakan HUT ke-495, Momen Keliling dan Berburu Kuliner Jakarta Lanskap MRT Jakarta, menjajal salah satu tranportasi umum di momen HUT Jakarta ke-395. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ibu kota negara, Jakarta merayakan ulang tahun ke-495 tepat pada Rabu, 22 Juni 2022.

Salah satu cara merayakannya tentu keliling kota. Banyak destinasi wisata, baik yang versi sejarah pun yang kekinian.

Bagi kalangan kalangan milenial, pilihannya adalah kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. 

Di sini banyak pilihan wisata, seperti Hutan Mangrove, Pantai Pasir Putih PIK 2, San Antonio Promenade, Urban Farm, dan Pantjoran PIK. 

Selepas dari sana, kamu bisa ke wisata kekinian lainnya, yakni The New Sarinah, yang berada di jantung Kota Jakarta.

Ini adalah pusat perbelanjaan tertua di Indonesia. Baru saja rampung direnovasi. Kini destinasi wisata favorite di Jakarta. 

Di Sarinah terdapat banyak spot foto menarik, seperti tangga amphitheater, skydeck, Museum Sarinah, dan kursi skydeck.

Masih ada lagi? Ya, coba lagi keliling Jakarta naik transportasi umum. Jakarta kabarnya meraih penghargaan Sustainable Transportasi Award (STA) 2021.

Tak lain karena program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Jakarta jadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan ini.

Baca juga:

kuliner-legendarisnya">Jakarta dengan 10 Kuliner Legendarisnya

Hanya Hari Ini: Naik TransJakarta, MRT, dan LRT Gratis!

Jadi kamu bisa coba TransJakarta untuk menikmati keindahan bangunan-bangunan bersejarah ala Eropa di Museum Fatahilah atau kawasan Kota Tua.

Atau bisa juga berwisata dengan menggunakan MRT Jakarta. Beberapa destinasi wisata yang tidak jauh dari stasiun MRT Jakarta, seperti MBloc Space, Kawasan Bundaran HI, hingga kawasan Gelora Bung Karno Senayan.

Lelah keliling, tentu perut harus diisi. Jakarta surganya kuliner. Salah satunya makanan khas Betawi. 

Soto Betawi. (Foto: Kemenparekraf)

Sajian legendaris yang jadi ikon kuliner Betawi adalah kerak telor. Kuliner ini sudah ada sejak 1970-an, terbuat dari campuran telur, beras ketan, dan ebi. 

Lokasi terbaik untuk berburu kerak telor adalah Setu Babakan, Lapangan Banteng, atau di area Jakarta Fair. 

Kuliner yang tak kalah nikmat berikutnya adalah Soto Betawi. Soto khas Jakarta ini berisi daging serta jeroan sapi. 

Sangat mudah untuk menemukan Soto Betawi di Jakarta. Namun kedai Soto Betawi legendaris di Jakarta yang sangat direkomendasikan antara lain Soto Betawi H. Ma’ruf, Soto Betawi Sambung Nikmat, dan Soto Betawi H. Husein.

Selanjutnya ada Asinan Betawi yang terdiri dari selada, tauge, kubis, dan sawi. Tempat terbaik untuk berburu Asinan Betawi enak berada di kedai Asinan Spesial Nyonya Isye Rawamangun, dan Asinan Betawi Ibu Yenni Kebayoran Baru.

Pilihan lainnya setelah makan, adalah datang ke Jakarta Fair. 

Ada banyak hal menarik di sana. Mulai dari konser musik selama sebulan penuh, hingga wisata belanja produk-produk ekonomi kreatif lokal dengan banyak promo diskon yang menarik. 

Rencananya, Jakarta Fair 2022 dibuka mulai 9 Juni hingga 17 Juli 2022. Jadi, jangan lupa agendakan waktu untuk ke Jakarta Fair tahun ini. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya