Daerah Sabtu, 08 Juli 2023 | 13:07

Reaksi Rapidin Simbolon Melihat Warna Merah Dominasi Pakaian Peserta Pesta Syukuran PARNA

Lihat Foto Reaksi Rapidin Simbolon Melihat Warna Merah Dominasi Pakaian Peserta Pesta Syukuran PARNA Ketua DPD PDIP Rapidin Simbolon. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Samosir - Ketua DPD PDIP Sumatra Utara Rapidin Simbolon hadir dan memberikan sambutan dalam Pesta Syukuran Punguan Raja Naiambaton atau PARNA yang berlangsung di Kabupaten Samosir sejak 6-8 Juli 2023.

Rapidin yang merupakan Bupati Samosir 2016-2021, dalam sambutannya di acara puncak syukuran PARNA tersebut mengaku senang dengan dominasi seragam peserta kegiatan warna merah. 

"Saya lihat, seragamnya merah. Berarti saudara kandung saya ini," kata Rapidin sambil tertawa. Sekadar mengaitkan, PDIP memang identik dengan warna merah.

Namun di luar itu, Rapidin tetap memberi salam hormat terhadap semua keturunan PARNA yang berjumlah 63 marga.

"Luar biasa, hidup PARNA, hidup PARNA," kata Rapidin yang mencoba maju caleg DPR RI dari Dapil Sumut 2.

Kesempatan itu, Rapidin menyebut pihaknya tetap melestarikan adat istiadat selama menjabat di Kabupaten Samosir.

BACA JUGA: Cornel Simbolon: Syukuran Parna di Samosir Tetap Berlangsung dan Dihadiri Erick Thohir

Termasuk juga mengutus generasi muda ke luar negeri untuk mengenalkan adat istiadat dari Kabupaten Samosir, yang difasilitasi seorang putra Samosir Lasro Simbolon, pejabat di Kementerian Luar Negeri.

"Beliau dulu memfasilitasi kami untuk tampil di Rusia, ini anak-anak kita. Jadi memang dulu kita bangun budaya kita sampai ke luar negeri," katanya.

Dia berharap langkah yang sudah dilakukan sebelumnya juga diteruskan pemerintah yang ada saat ini. Pihaknya bahkan kata Rapidin mendukung upaya-upaya tersebut.

"Mudah-mudahan di pemerintahan sekarang ini juga kita dukung bagaimana untuk mengembangkan seni budaya kita. Alana pinukka ni si jolo-jolo tubu do ikkon ihuthonon ni akka na umposo," katanya.

Pesta syukuran PARNA se-Indonesia dihadiri Ketua Umum PARNA Indonesia Letjen (Purn) Cornel Simbolon dan Ketua Panitia Jumaga Nadeak yang juga Ketua DPRD Riau. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya