News Minggu, 03 April 2022 | 16:04

Relawan Tiga Daerah Ini Deklarasi Dukung Ridwan Kamil Capres 2024

Lihat Foto Relawan Tiga Daerah Ini Deklarasi Dukung Ridwan Kamil Capres 2024 Mochamad Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)

Jakarta - Relawan yang tergabung dalam Komunitas Sahabat RK Semarang, Banjarnegara, dan Demak, Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan dukungan bagi Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu Presiden 2024.

"Kami ingin presiden selanjutnya yang memiliki konsep ekonomi kerakyatan," kata Ketua Sahabat RK Semarang Dewi Rere Stevany dalam keterangan persnya, seperti mengutip ANTARA, Minggu, 3 April 2022.

Rere mengungkapkan, Relawan Sahabat RK yang didominasi oleh kaum emak-emak ini berharap adanya perbaikan pembangunan pada sosok Ridwan Kamil jika terpilih nanti, khususnya dalam sektor ekonomi dan kesehatan. 

Pihaknya meyakini Ridwan Kamil merupakan pemimpin yang memiliki keberpihakan terhadap ekonomi lokal. Hal itu, katanya, terbukti ketika mantan Wali Kota Bandung itu mempromosikan produk-produk lokal hingga ke mancanegara.

"Saya baca di berita, Kang Emil sampai membuka toko-toko di luar negeri untuk menjual produk-produk khas Bandung dan Jawa Barat," ujarnya pula.

Menurut dia, upaya seperti ini harus terus dilakukan oleh pemimpin.

"Pejabat harus punya political will agar produk lokalnya bisa laku," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sahabat RK Kabupaten Demak, Dwi Antariksa Megawati menuturkan pihaknya berinisiatif mendukung Ridwan Kamil, karena memiliki harapan yang tinggi terhadap Gubernur Jawa Barat tersebut.

"Sama seperti masyarakat yang lain, kami ingin perbaikan ekonomi," kata Dwi Antariksa.

Menurutnya, para deklarator Ridwan Kamil di Kabupaten Demak ini didominasi pedagang perempuan dan selama ini mereka merasa kesulitan dalam mengakses permodalan. 

Akibatnya, kata dia, banyak di antara mereka yang terpaksa berhubungan dengan rentenir. "Risikonya, bunga yang tinggi dengan masa pengembalian yang singkat," tuturnya.

Selain itu, mereka pun mengeluhkan minimnya pendampingan, sehingga produk mereka kalah bersaing terutama oleh produk impor.

"Kami merasa berjalan sendirian, harus berjuang sendiri di tengah kondisi yang serba sulit ini," kata dia.

Lebih lanjut, Ketua DPP Sahabat RK Muhamad Nurman mengaku dukungan terhadap Ridwan Kamil dari relawan di berbagai provinsi terus bermunculan.

"Saya hampir tiap hari menerima permintaan dari relawan-relawan yang ingin mendeklarasikan dukungan untuk Kang Emil," ujarnya.

Dirinya pun tidak menyangka sudah terdapat relawan Ridwan Kamil di Provinsi Jawa Tengah.

"Bagi saya cukup luar biasa, sudah ada relawan di tiga daerah di Jawa Tengah yang deklarasi dukung Kang Emil jadi presiden," katanya.

Sebelum di Semarang, Nurman menyebut deklarasi untuk mendukung Ridwan Kamil sudah dilakukan di Banjarnegara dan Demak.

"Rata-rata mereka mendukung Kang Emil jadi presiden agar pembangunan khususnya di bidang ekonomi bisa lebih baik lagi. Selain banyak juga yang meminta agar Kang Emil bisa menata daerah-daerahnya," ucap Nurman.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya