News Sabtu, 02 Juli 2022 | 10:07

Semifinal Malaysia Open 2022, Misi Jonatan Christie Membungkam Axelsen

Lihat Foto Semifinal Malaysia Open 2022, Misi Jonatan Christie Membungkam Axelsen Jonatan Christie. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Kuala Lumpur - Kejuaraan bulu tangkis Malaysia Open 2022 memasuki babak semifinal pada Sabtu, 2 Juli 2022. Pertandingan digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur.

Indonesia menurunkan tiga wakilnya, yakni tunggal putra Jonatan Christie, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Jonatan Christie Vs Viktor Axelsen

Jonatan Christie atau Jojo bakal bertarung melawan tunggal putra nomor 1 dunia, Viktor Axelsen. Catatan pertemuan keduanya, sudah bertemu 7 kali. 

Axelsen memenangi laga sebanyak 5 kali dan Jojo menang 2 kali. Pertemuan terakhir keduanya dalam Indonesia Open 2021, Axelsen menang 21-19 dan 21-15.

Viktor Axelsen. (Foto: How Foo Yeen)

Jojo pernah mengalahkan Axelsen pada French Open 2019 dalam duel tiga gim, dengan skor 7-21, 22-20, dan 21-19.

Dari sisi ranking, Axelsen kini pemegang ranking 1 dunia, sedang Jojo berada di ranking 8. Axelsen juga sudah meraih sejumlah gelar juara tahun ini, termasuk All England 2022.

Teranyar, atlet kelahiran 4 Januari 1994 itu baru saja menjuarai Indonesia Open 2022 dan Indonesia Masters 2022. 

Sedangkan Jojo merupakan finalis Kejuaraan Asia 2022 dan Korea Open 2022. Prestasi terbaik Jojo tahun ini adalah menjuarai Swiss Open. 

Apriyani/Fadia

Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan turun bertanding melawan ganda Korea Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong.

Rekor keduanya, belum pernah bertemu. Karena memang ganda Apriyani/Fadia merupakan ganda yang baru dibentuk tahun ini.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. (Foto: Badminton Photo)

Apriyani dulunya pasangan dari Greysia Polii yang sudah pensiun dari dunia bulu tangkis. Pasangan peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 itu secara resmi bubar tahun ini.

Apriyani kemudian dipasangkan dengan Fadia, yang sebelumnya berpasangan dengan Ribka Sugiarto.

Baca juga:

Kejutan dari Malaysia Open 2022, Mariska Singkirkan Unggulan 1 Akane Yamaguchi

Sedangkan Ribka sendiri diduetkan dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani. Pasangan ini gugur di babak perempat final setelah dikalahkan ganda China Zhang Shu Xian/Zheng Yu.

Apriyani/Fadia meski terbilang baru, namun cukup memberikan progres yang positif. Teranyar menjadi juara SEA Games 2022.

Sebelum ke semifinal Malaysia Open 2022, Apriyani/Fadia menundukkan ganda Jepang yang merupakan juara All England 2022 dan Indonesia Open 2022, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Kemudian di babak perempat final, Apriyani/Fadia kembali menyingkirkan juara dunia yang juga ganda putri nomor 1 dunia dari China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Lawannya di babak semifinal, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong kini menghuni ranking 12 dunia dan merupakan juara Korea Open 2022.

Fajri

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, di media sosial dijuluki Fajri turun bertanding melawan ganda Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin.

Datang sebagai unggulan 6, Fajri melaju ke semifinal setelah di perempat final mengalahkan ganda Malaysia lainnya, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: Twitter)

Rekor pertemuan Fajri dengan Goh/Izzuddin sebanyak 6 kali duel, di mana 5 kali dimenangkan Fajri dan satu kali dimenangkan Goh/Izzuddin.

Pertemuan terakhir keduanya pada 15 Juni 2022 dalam Indonesia Open 2022, di mana Fajri menang dua gim langsung, 21-19 dan 21-14.

Dari sisi ranking, Fajri kini menghuni ranking 7 BWF dan Goh/Izzuddin ranking 12. Fajri merupakan juara Indonesia Masters 2022 di Jakarta dan juara Swiss Open 2022.

Sedangkan Goh/Izzuddin merupakan finalis Swiss Open 2022 dan juara German Open 2022. 

Selain ketiga partai tersebut, pertandingan babak semifinal lainnya diperkirakan sengit. Di sektor tunggal putri Chen Yu Fei dari China akan dijajal juara Indonesia Open 2022, Tai Tzu Ying dari Taiwan.

Ganda campuran menurunkan pasangan nomor 1 dunia dari Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai melawan wakil China Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping. 

Laga semifinal akan dimainkan mulai pukul 13.00 waktu Malaysia atau pukul 12.00 WIB di Axiata Arena, Kuala Lumpur. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya