News Sabtu, 11 Juni 2022 | 04:06

Soal Teriakan Lanjutkan, Jokowi: Itu Adalah Programnya, Siapa Pun Pemimpinnya Terserah

Lihat Foto Soal Teriakan Lanjutkan, Jokowi: Itu Adalah Programnya, Siapa Pun Pemimpinnya Terserah Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: dok. Biro Setneg)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menangkap maksud teriakan `lanjutkan` di forum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) sebagai pesan untuk melanjutkan program-program pemerintahan sebelumnya.

Jokowi menyatakan siapa pun yang menjadi pemimpinnya, itu tak jadi masalah.

"Tapi saya nangkap yang dimaksud lanjutkan itu adalah programnya, pemimpinnya siapa pun terserah. Tapi yang dilanjutkan adalah programnya. Supaya ada kontinuitas supaya ada keberlanjutan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara perayaan 50 tahun Hipmi, Jumat, 10 Juni 2022, dikutip dari detikcomm.

Jokowi tak ingin program pemerintah berjalan di tempat karena tidak ada spirit keberlanjutan. Mantan Wali Kota Solo itu mengibaratkan hal tersebut seperti jenjang sekolah dari SD sampai universitas.

"Jangan sampai pemimpin satu sudah mengerjakan tidak dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya. Ini yang bahaya. Dan selalu kalau seperti itu mulai terus dari TK terus. Sudah ke SMP, ke SMA, mulai lagi dari TK lagi. Kapan kita sampai ke lulus universitas," ujarnya.

Jokowi lantas mengingatkan tantangan besar yang dihadapi Indonesia. Dia menegaskan agenda politik tak boleh menambah suasana ketidakpastian.

"Dan problemnya sekarang ini bukan problem yang enteng. Semua negara mengalami hal yang sama ketidakpastian. Jangan sampai juga karena kita nanti ada perhelatan pemilu dan pilkada, ketidakpastian itu tambah lagi," kata Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya