Daerah Rabu, 30 Maret 2022 | 13:03

Tiap Tahun, Pulau Ambo di Mamuju Sulbar Mengalami Abrasi Sepanjang Lima Meter

Lihat Foto Tiap Tahun, Pulau Ambo di Mamuju Sulbar Mengalami Abrasi Sepanjang Lima Meter Pulau Ambo, Kecamatan Kepulauan Bala-balakang, Kabupaten Mamuju. (Foto: Tribun)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Pulau Ambo, Kecamatan Kepulauan Bala-balakang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), mengalami abrasi hingga lima meter setiap tahunnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi, saat diwawancarai Opsi.id, Rabu, 30 Maret 2022.

Siti Sutinah mengungkapkan, pihaknya mengetahui hal tersebut setelah melakukan kunjungan ke pulau yang berada jauh dari ibu kota Kabupaten Mamuju Sulbar itu.

"Kami ke Pulau Ambo dan Pulau Salissingan, 26 hingga 27 Maret 2022 kemarin," kata Siti Sutinah.

Ia mengungkapkan, kunjungan tersebut rencananya akan dilakukan di empat pulau yang ada di Kecamatan Kepulauan Bala-balakang.

"Namun karena cuaca buruk, sehingga kami hanya bisa mengunjungi dua pulau," katanya.

Kata dia, hari pertama 26 Maret 2022, pihaknya mengunjungi Pulau Salissingan yang merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Bala-balakang, Mamuju Sulbar.

Pulau Salissingan ini, mengalami abrasi hingga tiga meter setiap tahunnya.

Abrasi yang terus terjadi di pulau tersebut, kata Siti Sutinah, akan menjadi konsentrasi pihaknya dalam menangani abrasi sehingga tidak terus menerus terjadi.

"Kami juga membawa pihak PUPR supaya bisa melihat langsung kondisi di sana," katanya.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan berupaya menganggarkan penanganan abrasi di Kepulauan Bala-balakang, pada APBD Perubahan nanti.

"Walau pun anggarannya sangat terbatas, kami akan mengintervensi provinsi untuk bersama-sama menangani persoalan di Kepulauan Bala-balakang," kata Siti Sutinah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya