Daerah Minggu, 20 Februari 2022 | 09:02

TNI AL Ungkap Fungsi Benda Mirip Rudal Made In USA yang Ditemukan di Selayar

Lihat Foto TNI AL Ungkap Fungsi Benda Mirip Rudal Made In USA yang Ditemukan di Selayar Benda mirip rudal diperlihatkan kepada media di Makassar, Sabtu 19 Februari 2022. (Foto: Opsi/RA)
Editor: Rio Anthony

Makassar - TNI Angkatan laut (AL) mengungkap benda mirip rudal `Made In USA` yang ditemukan di laut Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) merupakan side scan sonar.

TNI AL pun mengungkap fungsi benda asing yang mirip rudal tersebut.

"Benda itu berfungsi sebagai sistem sonar yang digunakan untuk meneliti sea bottom profile yaitu keadaan di bawah permukaan laut," ungkap Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari dalam keterangannya, Sabtu 19 Februari 2022.

Alat itu kata dia bisa juga disebutkan sebagai alat survei bawah laut yang berfungsi merekam segala aktivitas bawah laut yang dilalui alat ini.

Hasil rekaman alat ini akan diambil pemiliknya dengan sistem transfer melalui kabel data.

"Yang direkam side scan sonar termasuk aktivitas bawah laut, biodata dan segala kehidupan di bawah permukaan laut," tutur Benny Sukandari.

Menurut dia, hasil rekaman alat tersebut bisa jadi untuk kepentingan komersial dari pihak swasta atau bisa juga untuk kepentingan pertahanan dari pihak militer asing. Namun Benny menegaskan pihaknya terus mendalami.

"Yang pasti alat ini dipergunakan untuk mencari data-data di bawah garis laut," ungkap Benny.

"Cuma ini adalah bagian dari grup kelengkapan persenjataan bilamana digunakan untuk militer. Jadi ada kalanya militer mau menggunakan senjata tertentu memanfaatkan alat seperti ini untuk mengambil data di kedalaman laut," sambungnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya