News Jum'at, 22 April 2022 | 22:04

UDD Terbatas, PMI Sumut Jalin Kerja Sama dengan DPD GAMKI

Lihat Foto UDD Terbatas, PMI Sumut Jalin Kerja Sama dengan DPD GAMKI Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatra Utara (Sumut) menerima audiensi DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut. Foto: Istimewa)

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatra Utara (Sumut) diwakili Sekretaris PMI Sumut, Edi Siswanto menerima audiensi DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut.

Audiensi itu dipimpin oleh Sekretaris DPD GAMKI Sumut, Swangro Lumbanbatu. Adapun rombongan yang hadir, Wakil Ketua OKK Joni Naibaho, Wakil Ketua Hamonangan Sinaga, Wakil Ketua Irene Sinaga, Wakil Sekretaris Daulat Sinaga, Jhon Damai Sinurat, dan Departemen PUPR Niko Sihotang.

Dalam kesempatan itu Sekretaris PMI Sumut, Edi Siswanto memaparkan beberapa program kerja kemanusiaan yang digalang oleh pihaknya serta rencana kegiatan di tahun 2022 yang akan datang.

"Kami juga meminta dukungan dari DPD GAMKI Sumatera Utara mengenai pengembangan organisasi Palang Merah Indonesia di Provinsi Sumatera Utara," kata Edi Siswanto seperti mengutip keterangan yang disampaikan GAMKI Sumut, Jumat, 22 April 2022.

Selain mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan PMI Sumut kepada DPD GAMKI, Swangro Lumbanbatu mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung dan siap membantu sepenuhnya dalam pengembangan PMI Sumut.

"Harapan saya bagaimana kita bisa bekerja sama dengan sebaik-baiknya, khusus mengenai donor darah ini. Saya yakin dan percaya itikad baik kita semua akan tercapai, apalagi GAMKI di Sumatra Utara lengkap dengan Kepengurusan di 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatra Utara," ujar Swangro.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sumber Daya PMI Sumut, Chairil Siregar menambahkan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah bagi kesehatan masih sangat minim. Padahal, kata dia, donor darah juga sangat dibutuhkan bagi kemanusiaan.

"Kita selaku pengurus PMI sangat berharap suatu waktu nanti perilaku donor darah ini kiranya dapat membudaya di tengah-tengah masyarakat Provinsi Sumatra Utara yang kita cintai ini, hal ini yang sangat kita impikan," tutur Chairil.

Lebih lanjut, Edi Siswanto juga menambahkan bahwa PMI Sumut menyambut baik jika pertemuan silaturahmi ini ditingkatkan dengan menjalin kerja sama dengan GAMKI sehingga masyarakat yang ada di kabupaten/kota dapat memahami dan mengetahui bagaimana pentingnya donor darah dilakukan.

Sebab, lanjutnya, hingga saat ini Unit Donor Darah (UDD) yang ada di Sumut masih ada 11 UDD.

"Oleh karenanya, kami harapkan GAMKI Sumut dapat mendorong GAMKI Kabupaten/Kota agar mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah, sehingga apabila masyarakat membutuhkan darah tidak terlalu jauh datang ke Medan," ucap Sekretaris PMI Sumut Edi Siswanto.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya