News Senin, 24 Oktober 2022 | 15:10

AHY, Tokoh Politik Paling Banyak Diperbincangkan dalam Nada Negatif

Lihat Foto AHY, Tokoh Politik Paling Banyak Diperbincangkan dalam Nada Negatif Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta. (Foto: Istimewa)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Tokoh yang banyak dibincangkan dalam nada paling negatif adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan 25 persen. 

Sedangkan, Anies Baswedan merupakan tokoh politik yang paling banyak diberitakan media online dan diperbincangkan di media sosial.

Hal itu sebagaimana diungkap Founder of Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi lewat akun Twitter @ismailfahmi, Senin, 24 Oktober 2022.

Melalui thread twitter, Ismail Fahmi menulis dan membeber tentang pemberitaan dan perbincangan di media online dan media sosial periode 1 – 17 Oktober 2022.

Disebutnya, dari 1-17 Oktober 2022, pemberitaan dan perbincangan tentang Anies Baswedan setiap harinya jauh di atas para tokoh politik lainnya. 

Puncak pembahasan tentang Anies terjadi pada 16 Oktober, didorong hari terakhirnya bekerja di Balai Kota DKI.

Kemudian, pembahasan tentang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sangat tinggi pada 3-4 Oktober 2022, terutama didorong respons pendukung Ganjar atas pencalonan Anies sebagai Capres 2024 oleh Partai NasDem.

Ekspose tentang Menteri BUMN Erick Thohir ungkap Ismail, cenderung konsisten dengan kenaikan signifikan terjadi pada 12 Oktober 2022. 

Baca juga:

Polemik Siap Nyapres, PDIP Panggil Ganjar Pranowo Senin Sore Ini

Linimasa penuh dengan amplifikasi dan apresiasi pertemuan Erick Thohir dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Trend tokoh-tokoh lain relatif jauh di bawah ketiga tokoh di atas," simpul Ismail dilansir Opsi.

Dia juga mengungkap popularitas para tokoh politik. Periode 1-17 Oktober 2022, Anies menjadi tokoh populer dalam pemberitaan dan perbincangan di media sosial, diikuti Ganjar dan Erick. Sedangkan Sandi dan Airlangga menjadi tokoh yang paling minim popularitasnya.

Founder of Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi. (Foto: Profil Twitter)

Di media online, Anies (60.305 mention) menjadi tokoh yang paling banyak diberitakan, disusul Ganjar (15.128 mention), dan AHY (6.873 mention).

Di media sosial, Anies (835.070 mention) juga menjadi tokoh yang paling banyak dibincangkan, disusul Ganjar (188.543 mention), dan Erick (118.460 mention)

Disebut pula, Muhaimin Iskandar menjadi tokoh yang paling tinggi persentase dibincangkan dalam nada positif sebesar 96 persen. Diikuti Susi dengan 94 persen, dan Erick Thohir 94 persen.

Adapun tokoh yang banyak dibincangkan dalam nada paling negatif adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan 25 persen. Diikuti Ganjar 23 persen, dan Anies 17 persen.

Sedangkan untuk pengikut medsos para tokoh politik tersebut, Ismail menyebut, secara keseluruhan jumlah pengikut terbanyak dimiliki oleh akun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pria yang juga kerap disapa Kang Emil itu unggul di platform Instagram (19,2M) dan Twitter (5,3M).

Prabowo Subianto memiliki pengikut Fanpage Facebook (9,5M) terbanyak. Adapun Ganjar memiliki pengikut TikTok (2M), dan YouTube (1,4M) terbanyak.

"Tampak bahwa antara jumlah pengikut di media sosial dengan popularitas dalam perbincangan tidak ada korelasi kuat. Mereka yang pengikutnya sangat tinggi, tidak menjamin akan populer dalam percakapan," ungkapnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya