Daerah Selasa, 13 September 2022 | 10:09

Antisipasi PMK, DTPHP Mamuju Vaksinasi Ternak

Lihat Foto Antisipasi PMK, DTPHP Mamuju Vaksinasi Ternak Vaksinasi PMK di Mamuju, Sulbar. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Mamuju lakukan vaksinasi terhadap ternak.

Hal tersebut disampaikan Kepala DTPHP Mamuju, Sofyan Yusuf, saat diwawancarai wartawan, Selasa, 13 September 2022.

Sofyan mengungkapkan, tahap awal vaksinasi PMK tersebut akan difokuskan terhadap ternak sapi yang ada di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

"Tahap awal ini, Mamuju mendapat jatah vaksin untuk 1500 ekor hewan ternak," kata Sofyan.

Ia juga mengungkapkan, proses vaksinasi PMK yang pihaknya laksanakan, masih berjalan di beberapa kecamatan se Mamuju, Sulbar.

"Saat ini, ada enam kecamatan di Mamuju yang mendapat vaksinasi PMK," katanya.

Untuk tim vaksinasi PMK, kata Sofyan, pihaknya membagi beberapa tim yang akan turun langsung ke lapangan.

"Enam kecamatan yang saat ini mendapat vaksinasi PMK yakni Tapalang, Tapalang Barat, Mamuju, Simboro, Kalukku dan Sampaga," kata Sofyan.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan DTPHP Mamuju, Muhammad Armin menjelaskan, sebanyak 930 ekor hewan ternak dari enam kecamatan sudah mendapat vaksin PMK.

"Hari ini, kami akan turun kembali melakukan vaksinasi di Kecamatan Papalang dan Tommo. Kami hanya bagi dua tim lantaran populasinya cukup banyak," kata Armin.

Ia juga menjelaskan, pihaknya mengedukasi masyarakat melalui penyuluh pertanian di desa dan kelurahan, agar masyarakat yang memiliki ternak terlibat aktif dalam program vaksinasi PMK.

"Sejauh ini belum ada kasus yang ditemukan di Mamuju, semoga saja dengan adanya vaksinasi PMK ini, resiko penyebaran virus PMK tidak sampai di Mamuju," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya