Daerah Selasa, 14 Maret 2023 | 16:03

Ditunjuk Tuan Rumah STQH Sulsel 2023, Ini Persiapan Kepulauan Selayar

Lihat Foto Ditunjuk Tuan Rumah STQH Sulsel 2023, Ini Persiapan Kepulauan Selayar Pelatihan IT STQH Slsel 2023. (Foto: Riyadi)
Editor: Rio Anthony

Selayar - Kepuluan Selayar ditunjuk menjadi tuan rumah Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Sulsel XXXIII yang diselenggarakan dari 5-11 Mei 2023.

Berbagai persiapan dilakukan oleh daerah berjuluk Tanadoang ini, mulai dari aspek teknis hingga kelengkapan acara.

Selasa (14/3/2023), Panitia Pelaksana STQH Sulsel 2023 melaksanakan pelatihan IT untuk keperluan penjurian dan kepentingan publikasi.

“Penerapan teknologi informasi dalam penjurian menjadi penting untuk memastikan prosesnya berlangsung transparan, kredibel dan efisien,” ucap Wahyadi Syarifuddin dari Kanwil Kementerian Agama Sulsel.

Puluhan orang dari Pemda Kepulauan Selayar dan Kantor Kemenag Kepulauan Selayar memperoleh materi umum dan juga teknis.

“Pelatihan juga dimaksudkan sebagai upaya mendukung penyebarluasan prosesi acara secara real time melalui fasilitas live streaming,” ungkap Wahyadi.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kepulauan Selayar Muh. Yunan Karaeng Tompobulu, menyatakan, kesiapan Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar menyambut perhelatan dua tahunan tersebut.

“Pelatihan IT dan segala persiapan yang telah berlangsung, menjadi bukti komitmen Kepulauan Selayar mensukseskan STQH Sulsel 2023,” ucap Basli Ali.

Orang nomor satu di Kepulauan Selayar itu berharap STQH tidak dilihat sebagai acara seremonial belaka.

“Al-Qur’an dan Hadits harus kita pahami dan diamalkan sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut Basli Ali.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kepulauan Selayar Muh. Yunan Karaeng Tompobulu, pada kesempatan sebelumnya memaparkan keberlangsungan proses persiapan, mulai dari pelibatan Tim Teknnis dari event organizer untuk menjamin acara berlangsung sistematis, hingga pemantapan konsep pertunjukan pada seremoni pembukaan dan penutupan.

“Secara umum kita (Pemda Kepulauan Selayar: red) siap untuk menyambut para peserta dan mesukseskan acara,” ucap Yunan di ruang kerjanya, Rabu (7/3/2023)

STQH Sulsel 2023 memperlombakan empat cabang/golongan musabaqh diantaranya Cabang Tilawah Al-Qur’an, Cabang Hifzh Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Musbaqah Hadits Nabi.

Ribuan orang yang terdiri dari peserta maupun official, diperkirakan akan menjadi partisipan pada acara ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya