News Rabu, 19 Oktober 2022 | 23:10

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UNSIKA Berikan Solusi Asesmen Kreatif bagi Guru di Batujaya

Lihat Foto Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UNSIKA Berikan Solusi Asesmen Kreatif bagi Guru di Batujaya Tim PKM bersama para guru di desa Telukbango, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (Foto: Tim PKM)

Jakarta - Tim dosen Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menggelar lokakarya Pemanfaatan Rubrik Asesmen Diri Otomatis untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah di Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tridarma perguruan tinggi di mana dosen wajib melakukan transfer ilmu dalam membantu masyarakat.

Pada lokakarya yang dilaksanakan oleh sejumlah staf dosen program studi pendidikan bahasa Inggris ini, para guru bahasa dari beberapa sekolah berbeda di lingkungan Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya mendapatkan penyegaran terkait pentingnya menggunakan asesmen otentik berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ketua tim PKM, Putri Kamalia Hakim, M.Hum. mengatakan bahwa dalam lokakarya ini diperkenalkan asesmen otentik berbasis rubrik otomatis sebagai solusi praktis untuk para guru yang membutuhkan metode asesmen.

Bukan hanya otentik, kata dia, tetapi juga bisa membantu mengurangi beban kerja mereka.

"Guru diberi kiat untuk memberikan penilaian diri kepada muridnya menggunakan bantuan asesmen berbasis rubrik otomatis. Dengan cara ini, guru hanya perlu mengklik checkbox di dalam rubrik yang tersedia sesuai dengan deskripsi kemampuan muridnya," kata Putri seperti mengutip keterangannya, Senin, 17 Oktober 2022.

Solusi ini disinyalir mampu memotong banyak waktu yang diperlukan guru untuk memberikan penilaian bagi para murid karena para guru di Indonesia selalu kehabisan waktu yang disebabkan workload (beban kerja) yang besar dan jumlah murid per kelas yang terlampau banyak.

Putri Kamalia berharap setelah kegiatan lokakarya ini para guru memiliki kesadaran akan pentingnya pembaharuan asesmen terutama yang berdampak langsung pada kualitas pembelajaran.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya