News Rabu, 14 Desember 2022 | 08:12

DPR Kaget Dedy Corbuzier Dapat Pangkat Militer dari Menteri Pertahanan

Lihat Foto DPR Kaget Dedy Corbuzier Dapat Pangkat Militer dari Menteri Pertahanan Selebriti Deddy Corbuzier bersama Menhan Prabowo. (Foto: Instagram/mastercorbuzier)

Jakarta - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengaku pihaknya kaget mengetahui bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan pangkat militer letkol tituler kepada YouTuber Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Menhan seharusnya memberikan penjelasan kepada publik mengapa orang yang di luar TNI, mendapatkan pangkat militer.

"Kami sebenarnya juga kaget karena belum dikomunikasikan kepada Komisi I DPR sehingga ketika ditanya wartawan belum paham pemberian pangkat militer tersebut untuk apa," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Selasa, 13 Desember 2022.

Sesungguhnya, kata dia, tidak masalah jika ada pemberian pangkat. Namun, perlu penjelasan kepada publik agar tidak menjadi polemik.

"Pada prinsipnya memang tidak ada masalah (pemberian pangkat militer letkol tituler), silakan saja. Namun kepada publik perlu dijelaskan agar kontroversi tidak panjang seperti sekarang," ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, penjelasan kepada publik sangat penting agar jelas tugas sosok yang menerima pangkat militer tersebut.

Dia menilai kriteria orang dari luar TNI yang mendapatkan pangkat militer seperti Deddy Corbuzier harus diungkap ke publik.

Ia berpendapat, apabila langkah keterbukaan itu dijalankan, maka apabila ada orang yang berminat mendapatkan pangkat militer, bisa mempersiapkan dirinya dengan baik.

Baca juga: Menhan Prabowo Hadiahi Pangkat Letkol Tituler TNI AD ke Deddy Corbuzier

Baca juga: Panda Nababan Sebut Prabowo Subianto Maju Pilpres 2024 Jika Ada Persetujuan Jokowi

"Saran saya kalau sudah dibuka, tidak hanya selebriti namun dari profesi lain bisa diundang juga untuk menjadi anggota seperti itu," ucap Meutya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya