Daerah Senin, 09 Mei 2022 | 09:05

Dugaan Serangan ke LBH Papua, Satu Unit Motor Sengaja Dibakar Orang Terlatih

Lihat Foto Dugaan Serangan ke LBH Papua, Satu Unit Motor Sengaja Dibakar Orang Terlatih Satu unit motor terbakar di garasi mobil LBH Papua, Senin, 9 Mei 2022 subuh hari. (Foto: LBH Papua)
Editor: Tigor Munte

Papua - Satu unit motor jenis CBR terbakar di garasi mobil kantor LBH Papua di Jalan Gerilyawan, Nomor 46, Kamkey, Jayapura pada Senin,  9 Mei 2022 pukul 04.00 WIT.

Salah seorang staf LBH Papua yang tidur di mess terbangun mendengar ada suara ledakan dari arah garasi mobil. 

Melihat motor terbakar, staf tersebut memanggil warga sekitar dan secara bersama memadamkan api agar tidak sampai menjalar ke mana-mana. .

Keterangan tertulis dan kronologis diperoleh dari Direktur LBH Papua Emanuel Gobay. Dia  menyebutkan, penyebab kebakaran motor sampai saat ini belum diketahui dengan pasti.

Disebutnya, setelah api dipadamkan staf LBH Papua memeriksa kondisi motor yang terbakar, di mana ternyata tangki motor tidak meledak. 

Sedangkan menurut pengakuan pemilik motor CBR, motornya diparkir dalam garasi mobil LBH Papua pada pukul 00.00 WIT. 

Baca juga:

Laksanakan Pengamanan Gereja Okbibab Papua, 2 Personel TNI-Polri Diserang KKB

Dari hasil pemeriksaan di sekitar tempat kejadian, ditemukan adanya sumbu. Pada sumbu tersebut ada bau minyak tanah. Ditemukan pula sebuah plastik yang di dalamnya terisi sisa bensin. 

Staf LBH Papua juga mendapatkan keterangan dari dua orang warga yang sempat melintas di depan kantor LBH Papua sebelum terjadinya kebakaran.

Warga sempat melihat ada satu orang menggunakan sweater hitam bertopi lengkap dengan masker lari ke luar dari lingkungan kantor LBH Papua. Dia kemudian naik motor selanjutnya pergi.

Emanuel Gobay menyebut, berdasarkan kondisi motor, pengakuan pemilik motor, temuan benda-benda di sekitar tempat kejadian dan dikuatkan dengan keterangan dua warga, pihaknya menduga kuat penyebab kebakaran motor merupakan perbuatan orang terlatih yang memiliki niat buruk terhadap LBH Papua. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya