Daerah Kamis, 02 Desember 2021 | 17:12

Edy Rahmayadi Resmikan Program Penyediaan Air Bersih Master Meter

Lihat Foto Edy Rahmayadi Resmikan Program Penyediaan Air Bersih Master Meter Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat meresmikan program penyediaan air bersih Master Meter, di
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Coca-Cola Foundation Indonesia didukung The Coca-Cola Foundation mengumumkan inisiatif kerja sama dengan USAID, PDAM dan Perkumpulan Arta Jaya untuk menyediakan akses layanan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Medan, Sumatera Utara, pada Kamis, 2 Desember 2021.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn.) Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa akses terhadap air berkualitas merupakan kunci dari pembangunan ekonomi dan sosial suatu negara.

"Kami sangat mendukung program ini sebagai salah satu solusi untuk menjawab tantangan penyediaan fasilitas air minum perpipaan dan sanitasi yang layak bagi masyarakat, terutama untuk menjangkau mereka yang tinggal di daerah terpencil," kata Edy Rahmayadi, dikutip Opsi pada 2 Desember 2021.

"Kerja sama ini dapat membantu target Pemerintah dalam mendorong percepatan distribusi pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat di Kota Medan, sekaligus kedepannya dapat menjadi percontohan bagi wilayah lainnya," ujar dia.

Sementara President of The Coca-Cola Foundation, Saadia Madsbjerg, mengatakan bahwa penyediaan akses air, sanitasi dan kebersihan (WASH) merupakan tiga hal mendasar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lantaran itu, The Coca-Cola Foundation menganggap WASH sebagai prioritas utama untuk mendukung masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah terpencil di Indonesia.

"Kami bangga dapat memperluas peran kami dalam memobilisasi sumber daya dan memperkuat hubungan kami dengan para mitra," ujar Saadia.

Melalui program Master Meter, sebanyak enam unit telah terpasang dan dirancang untuk menyediakan akses air minum perpipaan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kelurahan Besar dan Kelurahan Rengas Pulau, Medan, Sumatera Utara.

Tersedianya akses air bersih yang memadai diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di kedua daerah tersebut.

The Coca-Cola Foundation (lembaga filantropi internasional The Coca-Cola Company) menyediakan pendanaan bagi inisiatif Master Meter.

Sementara Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bekerja sama dengan USAID IUWASH PLUS dalam memantau keberhasilan program di wilayah tersebut.

Program ini berupaya meningkatkan akses air minum yang aman, sanitasi, dan kebersihan bagi masyarakat yang terpinggirkan.

Fasilitas Master Meter telah beroperasi penuh sejak bulan November 2021 dan akan meningkatkan akses air bersih dan fasilitas sanitasi yang layak bagi 400 rumah tangga dengan 40 persen tingkat kesejahteraan terendah di wilayah tersebut.

Jaringan perpipaan sambungan rumah sepanjang 1.679,15 meter telah terhubung ke rumah-rumah warga untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum bagi sekitar 2.000 warga dengan biaya yang lebih rendah dan terjangkau. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya