News Rabu, 22 Maret 2023 | 19:03

Ganjar, Prabowo, dan Anies Bersaing Pilpres Berpeluang Dua Putaran

Lihat Foto Ganjar, Prabowo, dan Anies Bersaing Pilpres Berpeluang Dua Putaran Ganjar Pranowo. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkap hasil temuan survei 2-11 Maret 2023 tentang capres dan Pilpres 2024.

Diakses dari laman SMRC, diungkap hasil survei bahwa bila pemilihan presiden diadakan ketika survei terakhir dilakukan, yakni Maret 2023, ada tiga nama yang mendapat dukungan paling signifikan.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam rilis Selasa, 21 Maret 2023 menyebut ketiganya adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Nama-nama lain masih jauh tertinggal di bawah.

Ketika bakal calon dibatasi hanya empat, Ganjar Pranowo berada di urutan teratas. Jika Ganjar tidak maju, maka Prabowo yang unggul. 

BACA JUGA: Elektabilitas PDIP, Gerindra, dan PKB Makin Kencang, Ini Penyebabnya

Namun demikian, tidak ada calon yang mendapat dukungan di atas 50 persen sehingga terbuka kemungkinan pilpres akan dua putaran.

Bila calon hanya tiga dan yang bersaing Prabowo vs Ganjar vs Anies, maka Ganjar unggul atas keduanya. 

BACA JUGA: Survei SMRC: Elektabilitas Parpol PDI Perjuangan Jawaranya, Golkar dan Demokrat Turun

Namun dalam simulasi tiga nama ini juga tidak ada calon yang dominan di atas 50 persen sehingga pilpres juga akan dua putaran.

Bila calon yang bersaing para ketua partai besar, yakni PDIP, Golkar, dan Gerindra, Prabowo menang satu putaran atas Airlangga Hartarto dan Puan Maharani ketika survei dilakukan.

Ganjar sementara unggul terutama karena ia lebih disukai dibanding calon-calon lain. 

Dengan tingkat penerimaan yang positif, elektabilitas Ganjar diperkirakan masih akan terus mengalami kemajuan seiring kenaikan awareness pemilih kepadanya.

Jika kedikenalan Ganjar sudah sama dengan Prabowo dan Anies, Ganjar kemungkinan akan jadi semakin unggul atas keduanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya