News Selasa, 28 Desember 2021 | 09:12

Gembong Warsono Menyebut Tanggung Jawab Pemprov DKI Rendah, Koq Bisa?

Lihat Foto Gembong Warsono Menyebut Tanggung Jawab Pemprov DKI Rendah, Koq Bisa? Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono menyebut nganggurnya kas DKI sejumlah Rp 12,9 triliun menandakan rendahnya tanggung jawab pemprov setempat terhadap programnya.

"Itu menandakan tanggung jawab pemprov terhadap apa yang diprogramkan rendah," ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Senin 27 Desember 2021.

Gembong mengatakan eksekusi lapangan yang lamban menyebabkan terjadinya hal ini.

"Eksekusi di lapangan lamban, sehingga penyerapan anggaran menjadi minim. Padahal penyerapan anggaran yang tinggi berdampak pada bergairahnya ekonomi Jakarta," kata Gembong.

Pemprov DKI pada awalnya menargetkan penyerapan anggaran sebanyak 91 persen. Namun, Gembong menilai hal tersebut sudah mustahil karena sudah akhir tahun.

"Ya sudah di akhir tahun, apalagi yang bisa dilakukan, sudah tidak ada. Mana mungkin (target penyerapan 91 persen), wong hari ini sudah tanggal 27, tinggal waktu 4 hari, sampai tanggal 31 akhir tahun 2021," tuturnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta klarifikasi sepuluh Gubernur tiap daerah karena adanya anggaran yang nganggur, salah satunya DKI Jakarta. Di pemprov DKI sendiri tercatat ada sekitar Rp 12,9 triliun dana yang menganggur.

"Kami ingin mendapat masukan klarifikasi dari rekan-rekan gubernur. Kita sengaja mengundang sepuluh gubernur karena ini memang yang kita lihat datanya simpanannya relatif terbesar dari 34 provinsi yang ada," ujar Tito dalam keterangan tertulis, Rabu 22 Desember 2021.

Wakil Gubernur Jakarta, dalam tanggapannya mengatakan hal tersebut diakibatkan karena adanya pandemi. Namun, ia berjanji tahun ini penyerapannya mencapai 91 persen.

"Memang penyerapannya di masa pandemi belum 100 persen. Tapi sudah saya cek ke Pak Edi Sumatri (Kepala BPKD), insya Allah tahun ini Pemprov DKI Jakarta penyerapannya akan sampai lebih dari 91 persen," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza saat ditemui di Kawasan Pluit, Jakarta Utara, Minggu 26 Desember 2021.

Riza melanjutkan, pemprov DKI berjanji penyerapan anggaran tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Insya Allah lebih baik dari tahun sebelumnya sebanyak 88 persen lebih. Ini upaya kita," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya