News Minggu, 04 September 2022 | 12:09

Harga Pertalite Meroket, Jokowi: Ini Pilihan Terakhir Pemerintah

Lihat Foto Harga Pertalite Meroket, Jokowi: Ini Pilihan Terakhir Pemerintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (foto: YouTube).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut keputusan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax adalah pilihan terakhir pemerintah.

Adapun harga Pertalite meroket dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000/liter. Kemudian harga solar subsidi naik dari Rp 5.150 jadi Rp 6.800/liter. Pertamax juga ikut naik dari Rp 12.500 jadi Rp 14.500/liter yang berlaku sejak Sabtu, 3 September 2022, pukul 14.30 WIB. 

"Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian, dan sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu, 3 September 2022.

Jokowi berujar, semestinya uang negara itu harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu dan saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit.

Pemerintah, menurut Presiden Jokowi, telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia.

"Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN. Akan tetapi, anggaran subsidi dan kompensasi BBM pada tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502,4 triliun," katanya.

Nilai subsidi BBM tersebut, kata Jokowi, juga terus meningkat karena selama ini BBM bersubsidi dinikmati kelompok masyarakat mampu.

"Dan lagi lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu yaitu pemilik mobil-mobil pribadi," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya