Daerah Selasa, 05 April 2022 | 20:04

Hujan Deras Selasa Sore Timbulkan Banjir di Beberapa Wilayah Bekasi

Lihat Foto Hujan Deras Selasa Sore Timbulkan Banjir di Beberapa Wilayah Bekasi Banjir melanda Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebanyak 110 rumah warga di empat desa terendam pada Senin, 14 Maret 2022 sore pukul 17.15 WIB. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendata setidaknya ada dua lokasi tergenang banjir akibat guyuran hujan deras yang terjadi di daerah itu sepanjang Selasa sore, 5 April 2022.

Anggota Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Bekasi Andika Rahmat mengatakan lokasi pertama genangan banjir terpantau di wilayah Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan.

"Lokasi pertama berdasarkan info dari relawan Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) genangan setinggi 120 centimeter di Jatimulya mengarah ke pintu Tol Bekasi Timur," kata Andika di Bekasi, dikutip Opsi, Selasa, 5 April 2022.

Sedangkan lokasi kedua terpantau di Perumahan Villa Mutiara Wanajaya, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung. Genangan yang merendam permukiman warga tersebut setinggi 80 centimeter.

"Kalau yang di Perumahan Villa Mutiara Wanajaya kini sudah berangsur surut," ucapnya.

Di saat bersamaan, kata dia, hujan dengan intensitas tinggi juga terjadi di Kota Bekasi. Beberapa wilayah yang dialiri Kali Bekasi terpantau telah mengalami banjir.

Pihaknya tengah melakukan koordinasi bersama BPBD Kota Bekasi terkait informasi ketinggian air sehingga warga di Kabupaten Bekasi yang wilayahnya dilewati aliran Kali Bekasi bisa melakukan evakuasi.

"Infonya di Kota Bekasi kan juga hujan deras. Komplek IKIP di sana sudah banjir. Makanya kami koordinasi terus agar warga di Tambun Utara dan Babelan bisa antisipasi kenaikan tinggi muka air," kata dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya