Daerah Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:08

HUT RI ke 77, Lanal Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Mamuju

Lihat Foto HUT RI ke 77, Lanal Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Mamuju Pengibaran bendera merah putih di bawah laut Pulau Karampuang, Mamuju, Sulbar. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Peringati HUT kemerdekaan RI ke-77, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), mengibarkan bendera merah putih di bawah laut, Rabu, 17 Agustus 2022.

Danlanal Mamuju, Letkol Marinir A Temmy Irawan mengungkapkan, pengibaran bendera merah putih pada kedalaman 5 hingga 10 meter di bawah laut merupakan perintah dari Kepala Staf Angkatal Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL.

"Agar memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-77 dan menguatkan semangat nasionalisme," kata Temmy Irawan.

Ia juga mengungkapkan, pengibaran bendera di bawah laut mengisyaratkan TNI AL siap untuk menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh Indonesia.

"Tentunya, pengibaran ini juga membangkitkan kembali kejayaan maritim, untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," katanya.

Selain itu, kata Temmy Irawan, momen pengibaran bendera di bawah laut, untuk menunjukkan luasnya laut nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya yang harus tetap terjaga keutuhannya.

"Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote yang menjadi bukti kejayaan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia," kata Temmy Irawan.

Untuk diketahui, pengibaran tersebut diawali dengan penyerahan bendera merah putih dari Dankal Manakarra, Kapten Laut (P) Untung Uripto kepada Pasops Lanal  Mamuju, Lettu Laut (P) Heru Sutopo, yang kemudian dibawa dari dermaga Lanal Mamuju menuju laut Pulau Karampuang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya