Daerah Sabtu, 07 Mei 2022 | 12:05

Ingat, Hari Ini yang Boleh Masuk Makassar Hanya Kendaraan Plat Ganjil

Lihat Foto Ingat, Hari Ini yang Boleh Masuk Makassar Hanya Kendaraan Plat Ganjil Ilustrasi Ganjil Genap. (Foto: Opsi/Ilustrasi)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Kendaraan yang diperbolehkan masuk ke Kota Makassar hari ini yakni yang berplat ganjil. Kebijakan tersebut diberlakukan agar terhindar dari kemacetan pasca arus balik Idulfitri.

Diketahui, aturan sistem ganjil-genap diberlakukan sejak 6,7, dan 8 Mei 2022. Apabila nomor akhir pada plat kendaraan genap, maka disarankan kembali pada tanggal genap pula, yakni 6 dan 8 Mei, sementara jika berplat ganjil diimbau masuk Kota Makassar pada hari ini, Sabtu 7 Mei 2022.

"Kami menyarankan kepada pemudik utamanya tanggal 6, 7 dan 8 Mei yang plat nomer sesuai tanggal masuk Kota Makassar dapat membagi waktu keberangkatannya," ujar Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda, Jumat 6 juli 2022.

Dia menekankan, kebijakan ini untuk mengurai lonjakan pengguna kendaraan, khususnya roda empat yang diprediksi meningkat tahun ini. Pihaknya tak ingin pengendara masuk secara serentak yang bisa memicu kemacetan.

"Intinya di situ adalah bagaimana caranya membagi kendaraan masuk Kota Makassar tidak serentak," papar dia.

Hanya saja pengendara yang tidak mengikuti atau melanggar pola sistem ini tidak dikenakan sanksi khusus.

Menurut Zulanda, sanksi semisal putar balik kendaraan yang masuk Makassar tidak sesuai tanggalnya, dikhawatirkan bisa memicu kemacetan.

"Kalau pun kita suruh putar balik nanti akan justru membuat macet," papar Zulanda.

Jika terlanjur berangkat tidak sesuai nomor plat dan tanggal masuknya, pengendara diimbau agar singgah sejenak di daerah penyanggah atau perbatasan. Dengan asumsi saat malam hari saat arus lalu lintas sepi, baru bisa diperkenankan memasuki Kota Makassar.

"Jadi nanti sesuai tanggalnya (berangkat) siang, (sedangkan) yang tidak sesuai tanggalnya, (baru bisa masuk Makassar) malam," tuturnya.

Pengaturan itu dibuat dengan mempertimbangkan arus balik di Kota Makassar masih terpantau sepi saat malam hari saat pemantauan Kamis (5/5) lalu. Kepadatan lalu lintas baru padat sejak siang hingga sore.

"Hal ini terlihat pada pintu masuk baik arah Maros maupun arah Gowa yang tadi malam tidak terjadi kemacetan, apalagi kepadatan luar biasa. Pada pukul 22.00 Wita arus lalu lintas sudah sangat sepi masuk Kota Makassar," jelas Zulanda.

Polisi Awasi Pengendara di 2 Titik Batas Kota Makassar, Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda mengatakan, ada dua titik pengawasan arus balik di Kota Makassar. Wilayah yang diprediksi mengalami lonjakan pengendara masuk ke Kota Daeng.

Titik pengawasan di dua batas Kota Makassar tersebut, yakni di simpang lima bandara perbatasan Maros-Makassar dan wilayah Malengkeri perbatasan Gowa-Makassar.

"Kalau yang di Jalan Hertasning (Gowa-Makassar) saya lepas, karena di titik itu jalur masyarakat pekerja. Jadi dia tinggalnya di sana, kerjanya di Makassar. Jadi bukan orang pulang kampung di situ," ungkap Zulanda.

Pihaknya menyiagakan 150 personel untuk mengawasi arus balik di Makassar. Zulanda berharap warga mengikuti sistem ganjil-genap yang diterapkan demi kenyamanan arus balik tahun ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya