News Senin, 25 April 2022 | 21:04

Kesiapan Penanganan Arus Mudik, Korlantas Uji Coba Ganjil Genap 

Lihat Foto Kesiapan Penanganan Arus Mudik, Korlantas Uji Coba Ganjil Genap  Korlantas melakukan uji coba ganji genap di jalur mudik. (Foto: Ilustrasi)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Untuk kesiapan penanganan arus mudik Lebaran 2022, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan uji coba ganjil genap dari Tol Jakarta - Cikampek, yaitu di Km 47 hingga Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70, Karawang, Jawa Barat pada Senin, 25 April 2022.

Kabag Ops Korlantas Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, saat menggelar uji coba, tidak ditemukan adanya permasalahan.

Dia mengatakan, uji coba ganjil genap tersebut sebagai simulasi upaya mengurangi kemacetan pada saat penerapan ganjil genap 28 April nanti. 

"Yang mana kapasitas jalannya tidak sesuai dengan volume yang nantinya akan macet. Makanya kami melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas dengan uji coba ganjil genap sekarang ini," kata dia.

Dia menyebut, sudah melakukan pengecekan dari Km 10, di mana personel sudah ada di sana untuk melakukan pengalihan arus.

Baca juga:

Bandara Mulai Ramai, Diperkirakan 8,9 Juta Orang Mudik dari Jalur Udara

Eddy menyampaikan, pada saat uji coba ganjil genap yang digelar, kendaraan yang nomor pelatnya tak sesuai dialihkan ke jalur arteri yang sudah disiapkan sebelumnya. 

"Yang tidak sesuai sudah saya sampaikan ini akan kita alihkan arusnya untuk melewati ke jalur arteri yang sudah disiapkan," kata Eddy.

Dia menyampaikan beberapa kendaraan yang dikecualikan dalam penerapan ganjil genap ini, sesuai surat keputusan bersama (SKB) yang ada.

"Ambulans, kendaraan TNI Polri yang akan mengangkut orang sakit dan lain sebagainya, itu merupakan pengecualian," tuturnya.

Uji coba penerapan ganjil genap ini dilakukan sebelum Kamis, 28 April. Pada Selasa, 26 April nanti, ganjil genap bakal dilakukan dimulai dari Tol Cikampek Km 47 hingga Gerbang Tol Palimanan Km 188 dan berlanjut pada Rabu, 27 April  dari Tol Cikampek Km 47 sampai Gerbang Tol Kalikangkung. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya