Daerah Rabu, 15 Desember 2021 | 07:12

Ini Dugaan Motif KKB Bakar Sekolah di Pegunungan Bintang Papua

Lihat Foto Ini Dugaan Motif KKB Bakar Sekolah di Pegunungan Bintang Papua KKB membakar bangunan sekolah di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto: Dok. Polda Papua)
Editor: Rio Anthony

Papua - Teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali membakar gedung SMP Negeri  Serambakon di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Menurut polisi, KKB sengaja melakukan teror di sejumlah fasilitas pendidikan agar masyarakat tidak ada yang maju.

"Sesuai ancaman yang disebar via video YouTube target adalah fasilitas pemerintah," ujar Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito, Selasa 14 Desember 2021.

Kata Cahyo, KKB menyasar fasilitas pendidikan karena mereka tidak mau melihat anak papua tumbuh menjadi orang terdidik, itulah sebabnya mereka menyasar fasilitas pendidikan.

Karena jika pendidikan diperlemah, maka warganya dapat dengan mudah dipengaruhi hal-hal buruk.

"Pendidikan adalah kebutuhan fundamental suatu bangsa bila ingin maju dan berkembang, dengan lumpuhnya sarana pendidikan tentu secara jangka panjang diharapkan masyarakat tetap berpendidikan rendah supaya mudah diprovokasi dan dipengaruhi," katanya.

Cahyo menduga pelaku pembakaran SMP Negeri Serambakon merupakan kelompok yang sama dengan pelaku pembakaran SMAN 1 Oksibil beberapa hari yang lalu. Perlu diketahui, SMAN 1 Oksibil dibakar oleh KKB pimpinan Lamek Taplo.

"Patut diduga demikian karena lokasi di distrik yang sama dan berdekatan. Ingat ya saya sampaikan patut diduga," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya