News Senin, 30 Oktober 2023 | 13:10

Jojo di Podium Tertinggi French Open 2023, Jokowi Sampaikan Selamat

Lihat Foto Jojo di Podium Tertinggi French Open 2023, Jokowi Sampaikan Selamat Jonatan Christie alias Jojo. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pebulutangkis putra Indonesia Jonatan Christie alias Jojo menorehkan prestasi terbaik di ajang French Open 2023.

Jojo sukses menjadi jawara usai menaklukkan pemain China, Li Shi Feng lewat tarung tiga gim dengan skor 16-21, 21-15, dan 21-14.

French Open 2023 berlangsung di Rennes, Prancis, sejak 24-29 Oktober 2023. Selain Jojo, ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menjadi runner up.

Fikri/Bagas kalah atas ganda kuat Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan skor 14-21, 21-10, 18-21.

Atas prestasinya, Jojo berujar puji syukur. "Puji Tuhan karena ini adalah titel pertama saya di level Super 750 yang sudah lama saya nanti-nantikan. Sudah beberapa kali saya masuk final tapi belum mampu juara," katanya dilansir dari laman PBSI, Senin, 30 Oktober 2023.

Kata dia, tidak mudah saat bertanding karena sedikit tegang di awal-awal laga dan banyak melakukan kesalahan sendiri. 

"Di gim kedua saya melakukan perbaikan dengan bermain lebih rapi dan mencoba untuk membuat lawan banyak berlari," tuturnya.

"Tadi setelah pertandingan selesai, saya merasa speechless. Di dua sampai tiga turnamen terakhir, saya tidak bermain optimal lalu banyak orang meragukan tapi balik lagi rencana Tuhan kita tidak pernah tahu," sambungnya.

Gelar ini menambah semangat dan motivasi Jojo. Berikutnya ada Japan Masters dan China Masters dan berharap bisa melangkah ke BWF World Tour Finals. 

Sementara itu, Bagas Maulana berkomentar usai gagal menjadi kampiun.

BACA JUGA: French Open 2023: Jonatan Christie dan Bakri Turun di Final

"Kami senang sekaligus kecewa. Senang karena kami bisa menembus dua final dalam dua minggu berturut-turut di level Super 750 tapi kecewa karena tadi sedikit lagi kami bisa menang dan juara," katanya. "Ke depan semoga kami bisa lebih konsisten," imbuhnya.

Senada, Muhammad Shohibul Fikri berujar saat di gim ketiga mereka tertinggal terus. "Kami sudah berusaha mengejar sebisa kami. Tapi memang belum rezeki," terangnya.

"Di poin-poin akhir itu, kami yang dalam keadaan tertekan merasakan tegang. Selain itu, tidak dipungkiri kondisi kami memang terkuras sehingga fokusnya menurun," ungkapnya.

Diakuinya, ganda Denmark bermain lebih rapi terutama di pertahanannya. "Mereka siap sekali dengan smes atau dropshot yang kami terapkan. Pengembaliannya pun membuat kami kewalahan," tandasnya. 

Atas prestasi Jojo dan Fikri/Bagas, Presiden Jokowi sampaikan selamat. 

"Jonatan Christie meraih gelar juara tunggal putra turnamen bulutangkis French Open 2023 Dalam laga final yang seru dan berlangsung tiga gim di Glaz Arena, Rennes, Prancis semalam, Jonatan menundukkan Li Shi Feng dari China," ujar Jokowi di akun Xwitternya.

Pada laga final yang lain ujar Jokowi, ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana juga tampil di final dan meraih runner-up setelah kalah dalam duel tiga gim dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.  

"Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada Jonatan Christie dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana," tutur presiden. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya