News Minggu, 09 Juli 2023 | 20:07

Jokowi Jenguk Can Nun, Budayawan yang Pernah Menyebutnya Sebagai Firaun

Lihat Foto Jokowi Jenguk Can Nun, Budayawan yang Pernah Menyebutnya Sebagai Firaun Emha Ainun Najib alias Cak Nun. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Yogyakarta - Emha Ainun Najib atau Cak Nun tengah terbaring di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta. Jokowi datang menjenguknya, Minggu, 9 Juli 2023.

Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno tiba di rumah sakit sekitar pukul 10:30 WIB.

Kehadiran Jokowi di sana mendapat perhatian warga. Mereka berjejer untuk mengabadikan momen tersebut.

Mengenakan kemeja putih, Jokowi menyapa warga dari dalam mobil.

"Walaupun Jokowi sering dikritik, dilecehkan, dihina, dianggap tidak bisa bahasa Inggris, bahkan disebut Firaun, tapi saat Cak Nun sakit, dia dijenguk oleh presiden yang selama ini jadi sasaran nyinyirnya itu," tulis Henri Subiakto di akun Twitter @henrysubiakto.

Menurut pria yang juga dosen tersebut, balasan Jokowi sebagai kepala negara bertindak andap asor, rela datang mendoakan dan memanusiakan pembencinya. 

"Ini adalah contoh pendekatan kultural yang belum tentu semua presiden atau pejabat tinggi bisa atau bersedia melakukannya," sebutnya.

BACA JUGA: Jokowi Malam Mingguan di Malioboro Yogyakarta, Warga di Sana Senang Bukan Main

Presiden Jokowi menjenguk Cak Nun sekitar 15 menit. Sayangnya hanya bisa bertemu dengan istri Cak Nun, Novia Kolopaking dan putra Cak Nun bernama Sabrang. 

"Mungkin kesehatan Cak Nun belum memungkinkan untuk bertemu dengan Presiden," tukas Henri. 

Cak Nun menjalani perawatan di Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta usai tak sadarkan diri sesaat setelah bangun tidur pada Kamis, 6 Juli 2023 pagi lalu.

Cak Nun dikenal luas sebagai tokoh keagamaan, aktivis, penyair, dan budayawan. Lahir di Menturo, Sumobito, Jombang, Jawa Timur pada 27 Mei 1953.

Dia aktif menggelar acara pengajian dan menginisiasi masyarakat Maiyah melalui acara Sinau Bareng. Kegiatan ini dilakukan hingga ke berbagai daerah Indonesia.

Dalam potongan video yang pernah beredar, Cak Nun selain menyebut Jokowi sebagai Firaun juga menyinggung sosok Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Haman. Serta Anthony Salim dan 10 naga layaknya Qorun. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya