News Kamis, 01 September 2022 | 17:09

Jokowi Mengaku Senang Sektor Pertambangan Hadirkan Teknologi 5G Mining

Lihat Foto Jokowi Mengaku Senang Sektor Pertambangan Hadirkan Teknologi 5G Mining Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengunjungi PT Freeport Indonesia (PTFI). (Foto:Twitter Jokowi)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku optimistis bahwa Indonesia akan bergerak lebih maju melalui hadirnya teknologi baru di sektor pertambangan yakni 5G Mining hasil kerja sama antara PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Tembagapura, Mimika, Papua.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat meluncurkan teknologi 5G Smart Mining di kawasan Tembagapura, Kamis, 1 September 2022.

Penerapan teknologi 5G Mining, merupakan yang pertama teknologi 5G di industri pertambangan Asia Tenggara.

Presiden menyebut penggunaan teknologi ini dalam rangka mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh serta meningkatkan keselamatan kerja dan untuk produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia.

"Ini sebuah pertambangan tembaga salah satu yang terbesar di dunia dan saya senang sudah menggunakan 5G underground mining yang kita harapkan semuanya lebih efisien, semuanya lebih produktif," kata Presiden seperti meneruskan catatan ANTARA, Kamis, 1 September 2022.

Dalam sambutannya, ia juga menekankan pentingnya sektor pertambangan untuk segera mengimplementasikan teknologi seperti realitas bertambah, augmented reality (AR), internet of things (ioT) dan big data guna mendukung seluruh operasional di pertambangan.

"Kita membutuhkan intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan yang umumnya seperti PT Freeport ini berada di daerah yang terpencil dan sulit terjangkau dengan tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah," ujarnya.

Jaringan 5G memiliki sejumlah keunggulan antara lain dari sisi kecepatan, kekuatan sinyal, latensi, keamanan data, dan kecerdasan perangkat.

Jaringan ini bekerja melalui multiple-input dan multiple-output, sehingga dimungkinkan lebih banyak ruang bagi perangkat pengguna untuk mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi.

Hadirnya teknologi 5G Mining di PTFI telah melalui pembaharuan infrastruktur, penguatan jaringan, dan pengembangan platform untuk mobile edge computing.

Dengan demikian, teknologi 5G Mining di PTFI dapat mengendalikan berbagai mesin dan kendaraan di tambang bawah tanah dari jarak jauh, termasuk dari atas permukaan tanah serta menggerakkan berbagai perangkat secara otomatis.

Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan PTFI dapat memonitor dan mencegah risiko kecelakaan kerja melalui optimalisasi penggunaan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan.

Jaringan terkoneksi (Hyperconnected Network) kombinasi dari Telkomsel Private Network dan Edge Computing menyediakan lebih banyak pemanfaatan kecerdasan buatan untuk perusahaan, meningkatkan keselamatan kerja di PTFI, sekaligus mendorong keberlanjutan operasi penambangan yang efisien dan efektif.

Sebelum peluncurannya, teknologi 5G Mining di tambang PTFI telah melalui tahap pembuktian dan pengujian jaringan untuk memastikan teknologi tersebut dapat mendukung kegiatan operasional PTFI, khususnya dalam pengembangan tambang bawah tanah.

Turut hadir bersama Presiden, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Negara Pramono Anung, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia Richard Adkerson dan Presiden Direktur PTFI Tony Wenas.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya