News Minggu, 29 Januari 2023 | 15:01

Jokowi Sepedaan, Jalan, dan Sarapan Bareng Dubes di Sarinah

Lihat Foto Jokowi Sepedaan, Jalan, dan Sarapan Bareng Dubes di Sarinah Presiden Jokowi naik sepeda, Minggu, 29 Januari 2023. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Aktivitas Presiden Jokowi di Minggu, 29 Januari 2023 pagi berlangsung dalam balutan resmi namun santai.

Jokowi menghadiri acara peluncuran atau kick-off keketuaan ASEAN tahun 2023,  di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta.

Jokowi naik sepeda dari Istana Merdeka menuju Bundaran HI. Ditemani para menteri termasuk Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sampai di Gedung Sarinah sekitar pukul 07.15 WIB, Jokowi berbincang dengan sejumlah duta besar (dubes) dan perwakilan tetap negara sahabat. 

Mereka kemudian berbarengan dengan jalan kaki menuju Bundaran HI. Pas situasi hari bebas kendaraan bermotor (HBKB), banyak warga yang berjalan kemudian menyapa Jokowi.

Ada pula iring-iringan drumband, pawai bendera negara-negara ASEAN, hingga pawai baju-baju khas negara-negara ASEAN.

Baca juga: Gak Sanggup Bayar Uang Kuliah Anak, Ibu Ini Ngadu ke Jokowi dan Beres

Setibanya di Bundaran HI sekitar pukul 07.30 WIB, Jokowi menuju panggung utama dan secara resmi mengawali dimulainya keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023. 

Presiden beserta para menteri, dubes, dan undangan yang hadir tampak memukul alat musik rebana biang sebagai tanda dimulainya acara tersebut.

Salah satu perwakilan dubes yang hadir, Urawadee Sriphiromya, mengaku sangat terkesan dengan acara pembukaan tersebut karena Presiden Jokowi dan rakyat bisa langsung terhubung, bukan hanya komunitas diplomatik saja.

“Ini adalah cara yang sangat sederhana dan bermakna untuk memulai kepemimpinan ASEAN oleh Indonesia,” ujar Perwakilan Tetap Thailand untuk ASEAN tersebut.

Selesai acara, Presiden Jokowi berjalan kaki kembali menuju Sarinah untuk kemudian sarapan pagi dan berbincang-bincang bersama para dubes. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya